Angkasa Pura 2

MoU Pembangunan Stasiun Telaga Murni Bekasi Ditandatangani

EmplasemenSenin, 18 Februari 2013
Kereta Komuter

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat segera akan membangun stasiun kereta api di lintasan Jakarta- Cikampek, yakni antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang, tepatnya di Desa Telaga Murni, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan dilakukan oleh delapan pengembang perumahan di wilayah Bekasi dengan biaya sekitar Rp16 miliar .

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tunjung Inderawan, Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, dan Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (18/2).

“Ditjen Perkeretaapian akan memberikan bimbingan teknis yang dibutuhkan dalam pembangunan, memberikan perizinan dan persetujuan yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Tundjung Inderawan.

Bertindak sebagai operator adalah PT KAI. Sedangkan Pemkab Bekasi bertanggung jawab dalam penyediaan lahan dan pembangunan serta penyediaan dokumen serta data dan informasi untuk mendukung kesepakatan bersama tersebut.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan, rencana awal pembangunan stasiun tersebut bermula dari usulan masyarakat yang kemudian disetujui oleh pemerintah setempat. Usulan itu diteruskan ke Kementerian Perhubungan yang juga menyambut baik rencana itu sampai akhirnya pembangunan stasiun baru itu ditetapkan dalam Perda. Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bekasi.

“Pemerintah Kabupaten Bekasi perlu menyediakan pelayanan transportasi maksimal kepada masyarakat karena meningkatnya jumlah penduduk dan mobilisasi masyarakat Bekasi dari dan ke Jakarta,” kata Neneng.

Ia berharap, dalam kurun waktu satu tahun ke depan pembangunan stasiun bisa rampung dan warga bisa menikmati langsung akses kereta api tanpa terlebih dulu ke Cikarang atau Lemahabang. Adapun salah satu pengembang perumahan yang berkomitmen membangun stasiun tersebut adealah PT Metropolitan Land Tbk.

“Dengan adanya stasiun baru ini mempermudah masyarakat Bekasi menjangkau fasilitas kereta api,” kata Neneng. (Fauzi)

loading...