Angkasa Pura 2

Bon Voyage Terakhir Bobby R Mamahit

SDMJumat, 22 Februari 2013
bon voyage-edit

JAKARTA (beritatrans.com) — Sebanyak 260 taruna Diklat Pelaut Nautika dan Diklat Pelaut Teknika BP3IP Jakarta mengikuti program Bon Voyage, Kamis (21/2/2013). Acara itu menjadi program terakhir bagi Capt. Bobby R Mamahit dalam kapasitas sebagai Kepala BPSDM Perhubungan Kementerian Perhubungan.

Selain Bobby, dalam acara itu hadir Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mewakili menteri perhubungan. “Saya bangga dan terharu mengikuti Bon Voyage, yang diikuti 150 peserta dari Diklat Pelaut Nautika dan 130 peserta dari Diklat Pelaut Teknika,” ungkap Bobby.

Setelah mengikuti acara Bon Voyage, Bobby, yang juga pernah mengikuti Bon Voyage waktu menjadi taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, tersebut segera pergi ke kantor Kementerian Perhubungan untuk dilantik sebagai Dirjen Perhubungan Laut.

Dalam acara Bon Voyage, menteri perhubungan menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil menyelesaikan jenjang diklat kepelautan tertinggi untuk mengawaki kapal niaga samudera (ocean going).

“Walaupun telah mengawaki kapal niaga samudera, saya ingatkan peran peserta dituntut untuk juga mengawaki kapal-kapal near costal voyage demi mendukung sistem transportasi laut Indonesia,” tutur menteri sambil mengingatkan bahwa pelaut mesti menempatkan keselamatan di atas segala-galanya.

Menteri juga mengungkapkan industri transportasi laut di dunia kekurangan pelaut sekitar 89.600 orang, sehingga perlu adanya program pendidikan yang dapat menghasilkan peluat yang tidak hanya kuantitas, tetapi juga kualitas.

Sedangkan di industri transportasi laut Indonesia, kekurangan pelaut tingkat perwira 18.000 orang dan tingkat rating 25.000 orang. Dengan demikian, total kekurangan pelaut Indonesia mencapai 43.000 orang. Padahal saat ini tengah terjadi pertumbuhan armada nasional cukup siginifikan.

“Namun perlu saya tegaskan bahwa kita tidak akan gegabah untuk menghasilkan pelaut yang hanya mengejar kuantitas dan mengabaikan kualitas,” tegas menteri.(aw).

loading...
  • rudi esape

    Selamat dan Sukses di tempat tugas yang baru sebagai Direktur Jenderal Perhubungan laut kepada Capt Bobby Mamahit.