Angkasa Pura 2

Dirjen Bobby: Kapal yang Terbalik Tanggung Jawab Galangan

DermagaTuesday, 26 February 2013

JAKARTA (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Bobby R. mamahit menyatakan kapal yang terbalik di galangan milik PT Daya Radar Utama (DRU) memang merupakan satu dari dua kapal pesanan Kementerian Perhubungan dan akan digunakan sebagai armada patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP).

“Kapal itu belum diserahterimakan dari pihak galangan kepada kami. Lagipula kapal itu belum jadi. Masih dalam proses pekerjaan. Terbalik ketika diluncurkan dari daratan ke perairan untuk melanjutkan proses pembangunan kapal,” cetus dirjen kepada beritatrans.com, kemarin.

Karenanya kalaupun sampai terbalik, Bobby yang baru beberapa hari menjabat dirjen tersebut menyatakan 100 persen atau sepenuhnya masih tanggung jawab pihak galangan.

Dengan demikian, Bobby menyatakan pihaknya tak perlu mengusut peristiwa itu. Pihak pabrik sepenuhnya berhak dan berkewajiban mengusut untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa tersebut. “Karena itu bagian dari produksi. Tentu pihak pabrik memiliki institusi khusus dalam hal pemeriksaannya,” tegasnya.

Meski demikian, dia menegaskan kelalaian tersebut menjadi catatan tersendiri bagi Ditjen Perhubungan Laut. Pengawas pekerjaan kapal dari Ditjen Perhubungan laut juga terus bekerja mengawasi. “Pokoknya kapal itu sebelum diserahkan, harus memenuhi spesfikasi teknis yang kami persyaratkan,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Edhy Prabowo meminta Kemenhub mengusut terbaliknya kapal pada Senin (19/2/2013) tersebut.(aw).