Angkasa Pura 2

Bobby: Pelabuhan Cilamaya Dikelola PT Pelabuhan Indonesia II

DermagaFriday, 1 March 2013

JAKARTA (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit mengingatkan rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Karawang, Jawa Barat, tak akan mengganggu Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara.

Dia menegaskan baik Cilamaya dan Kalibaru diorientasikan sebagai pelengkap dari Pelabuhan Tanjung Priok, yang saat ini sudah over capacity dan tidak mungkin lagi diperluas atau dikembangkan.

“Lagipula kalau sudah nanti dibangun, dapat dipastikan yang mengoperasikan adalah PT Pelabuhan Indonesia II, kecuali kalau memang ada skema lain yakni pembangunan dan pengoperasiannya dikerjasamakan dengan pihak lain,” ujar Bobby kepada beritatrans.com, kemarin.

Hal lain yang perlu ditekankan soal Pelabuhan Cilamaya, yang diperkirakan menelan biaya 50 juta dolar AS berasal dari pinjaman luar negeri ini, dirjen menyatakan masih lama dibangun. Belum tentu juga tahun 2020 sudah kelar dibangun.

“Hanya saja, kita harus menyiapkan dari sekarang, agar pelayanan kepelabuhanan tidak stagnan. Di-plannning dari sekarang. Perencanaan kan mesti melewati berbagai fase, termasuk studi amdal dan desain. Tidak lantas, sekarang direncanakan, lalu besok dibangun,” tuturnya.(aw).