Angkasa Pura 2

1 April, Grafik Perjalanan Kereta Api Berubah

EmplasemenKamis, 7 Maret 2013
Kali Banger

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) mulai tanggal 1 April mendatang. Perubahan tersebut terjadi untuk kereta api lokal, jarak dekaty, menengah, dan jauh.

“Perubahan grafik perjalanan kereta api ini untuk peningkatan efektifitas dan pelayanan,” kata Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito di Jakarta, Kamis (7/3).

Menurut Sulistyo, salah satu konsekuensi perubahan grafik perjalanan itu adalah waktu tempuh hampir semua kereta api penumpang akan lebih cepat beberapa menit. Namun, ada beberapa KA yang sengaja dilambatkan untuk pengaturan persilangan. Ini dilakukan untuk kepentingan keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi kereta api.

“Perubahan Gapeka disesuaikan dengan perkembangan perusahaan yang terus meningkat. Dari sisi jumlah KA yang beroperasi misalnya, pada Gapeka tahun 2013 ini lebih banyak dibandingkan tahun 2011 lalu,” katanya.

Sulistyo menyebutkan, saat ini terdapat 10 KA ekonomi AC, 80 KA KRD Patas, 49 loop perjalanan KRL komersial. Dan di Divisi Regional I Sumatera Utara terdapat penambahan 26 KA Bandara Kualanamu. Adapun untuk angkutan barang, sesuai Gapeka 2013 ini beroperasi sebanyak 140 KA. Jumlah ini meningkat 50 persen dibandingkan tahun 2011 yang hanya 82 KA. Peningkatan terutama pada KA untuk mengangkut peti kemas, semen, BBM, dan batubara.

Terkait dengan jadwal keberangkatan terjadi sedikit perubahan untuk beberapa KA. Yaitu keberangkatan KA Bangunkarta akan berangkat dari Stasiun Gambir, KA Bengawan dan KA Brantas akan berangkat dari Stasiun Tanjung Priok. Dan KA Harina sesuai Gapeka tahun 2013 melayani Bandung-Semarang- Surabaya- Pasarturi (PP). (Nizam)

loading...