Angkasa Pura 2

April, Jalur Ganda Serpong-Parungpanjang Beroperasi

EmplasemenRabu, 27 Maret 2013
Kereta Serpong

JAKARTA (beritatrans.com) – Pembangunan jalur ganda kereta api lintas Serpong-Parungpanjang sepanjang 11 kilo meter diperkirakan akan selesai pada April 2013. Menteri Perhubungan EE Mangindaan dijadwalkan meresmikan jalur tersebut pada 10 April mendatang. Pada saat itu sekaligus dimulainya pengopertasian KRL KFW lintas Tanahabang-Maja.

“Lintas Parungpanjang-Maja, pekerjaan elektrifikasinya sudah rampung, sehingga, bisa dioperasikan Kereta Rel Listrik (KRL). Sedangkan jalur ganda lintas Parungpanjang-Maja sepanjang 22 kilo meter, saat ini telah memasuki penyelesaian pekerjaan persinyalan-elektrifikasi dan dijadwalkan selesai Oktober 2013,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Tundjung Indrawan di Jakarta, kemarin.

Tundjung memasang target, sampai akhir tahun ini jalur gada lintas Tanah Abang-Serpong-Parungpanjag-Maja sudah bisa dilayani Kereta Rel Listrik (KRL) sepanjang 56 kilo meter.

“Kami akan melanjutkan proyek jalur ganda ini hingga ke Rangkasbitung. Nantinya, masyarakat dari Rangkasbitung bisa menikmati pelayanan KRL sampai ke Tanahabang,” ujarnya.

Menurutnya, proyek ini menghabiskan anggaran senilai Rp900 miliar yang berasal dari APBN murni.

Juru Bicara Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Muhartono menambahkan, pengembangan infrastruktur angkutan massal kereta api ini, adalah upaya pemerintah pusat memenuhi kebutuhan masyarakat Provinsi Banten untuk mobilisasi ke Jakarta.

Di kawasan itu, kata Muhartono tingkat pertumbuhan penduduknya sangat tinggi, sehingga pemerintah memberikan prioritas angkutan umum massal KRL.

“Perumahan tumbuh pesat, seperti Serpong, Parungpanjang, Maja, dan Rangkasbitung. Kalau tak ada angkutan massal seperti KRL, akan menambah kemacetan di jalan. Padahal kita tahu, mereka itu rata-rata beraktivitas di Jakarta,” kata dia.

Tujuan utama pemerintah, lanjut Muhartono, adanya rangsangan bagi pemilik kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan umum. “Makanya, pemerintah berupaya, selain membangun stasiun juga fasilitas parkir untuk para penumpang menitipkan kendaraan pribadinya,” tuturnya. (Fauziah)

loading...