Angkasa Pura 2

Tarif Pesawat Tergantung Berat Badan Penumpang

KokpitRabu, 3 April 2013
SamoaAir_380SA

JAKARTA (beritatrans.com) – Tak seperti lazimnya di dunia penerbangan, tarif pesawat Samoa Air dihitung berbasis kepada berat badan penumpang dan bagasi. Tentu saja pemilik tubuh kurus alias ceking diuntungkan dengan tarif yang bikin dongkol penumpang berbadan besar tersebut.

Seperti dirilis The Telegraph dan TimeRadio ABC, kemarin, maskapai dengan homebase di Pago Pago International Airport, Amerika Samoa, sebuah negeri kepulauan kecil di Pasifik Selatan tersebut, menerapkan tarif seperti itu untuk mengingatkan bahaya kesehatan bila memiliki tubuh tambun.

Negeri-negeri di Pasifik Selatan menduduki peringkat tertinggi kasus obesitas di dunia. Berdasarkan penelitian WHO pada 2008, 55,5 persen penduduk Samoa berusia 20 tahun ke atas masuk ke dalam kategori obesitas.

Mereka mengkalkulasi tarif dengan mengenakan 1 dolar AS (2,2 poundsterling) per kilogram berat badan dan 4,16 dolar AS (9,17 poundsterling) untuk penerbangan dari Samoa ke negara-negara sekitar Amerika Samoa.

Sekadar contoh, penumpang dengan berat badan 75 kg dan bagasi 15 kg dengan penebangan dari Fagaliā€™i di Samoa Barat ke Pago Pago dikenakan tarif 149,40 dolar AS. Dengan tarif seperti itu, Chief Executive Samoa Air, Chris Langton, saat wawancara dengan Radio Australia, menegaskan tarif penumpang tidak dipukul rata berdasarkan kursi.

“Ini adalah cara paling adil untuk bepergian. Tak ada biaya tambahan untuk kelebihan bawaan atau sejenisnya. Pokoknya satu kilo adalah satu kilo,” cetusnya.(aw).