Angkasa Pura 2

Perluas Layanan Tiket Online, Merpati Gandeng DOKU dan Permata Bank

KokpitSelasa, 23 April 2013
Merpati juga

JAKARTA (beritatrans.com) – Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines hari ini mengumumkan jalinan kemitraan strategis dengan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) dan Permata Bank untuk memberikan kemudahan melalui penyediaan pilihan sarana pembayaran online yang lebih luas dan beragam kepada para pelanggan Merpati.

Kini para pelanggan Merpati dapat bertransaksi online dengan aman dan nyaman karena pembayaran tiket dapat dilakukan melalui ATM dan fasilitas online banking PermataBank serta di jaringan ATM Bersama, Prima/Rintis dan Alto dalam bentuk virtual account.

DOKU yang sebelumnya telah mendukung Merpati dari sisi pembayaran online untuk kartu kredit juga telah mengembangkan solusinya guna mengakomodir perluasan kebutuhan Merpati. Melalui kerjasama ini Merpati telah memiliki sistem pembayaran online yang lengkap dan diharapkan dapat melayani kebutuhan para pelanggannya.

“Pesatnya tingkat persaingan dan pertumbuhan industri penerbangan tanah air terus memotivasi kami untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan Merpati,” kata Direktur Niaga Merpati, Sutan Banuara di Jakarta, Selasa (23/4).

Sementara dari sisi DOKU, penandatanganan perjanjian kerjasama ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan industri penerbangan tanah air yang sedang bertumbuh dengan pesat.

“Sebagai penyedia layanan pembayaran online terkemuka, DOKU telah dipercaya kalangan industri, khususnya di industri penerbangan selama enam tahun sejak kehadiran DOKU di tanah air. Industri ini menjadi industri yang tergolong cepat pertumbuhannya bersamaan dengan perubahan cara bertransaksi para pelanggan dalam membeli tiket pesawat dari sistem manual ke cara online sehingga lebih praktis, cepat dan aman tentunya. Melalui kerjasama strategis ini DOKU sepenuhnya mendukung Merpati agar dapat lebih meningkatkan layanan kepada para pelanggannya,” ujar CEO DOKU Thong Sennelius.

Sedangkan menurut Direktur Retail Banking Permata Bank Lauren Sulistiawati, kemitraan tersebut merupakan wujud nyata dukungannya terhadap Merpati untuk memperkuat platform e-commerce nya.

“Selain itu kami berharap kerjasama ini dapat makin memberikan keleluasaan bagi nasabah PermataBank maupun non nasabah yang menjadi pelanggan maskapai Merpati untuk dapat membeli tiket Merpati secara online dengan menggunakan ATM PermataBank dan jaringan ATM bersama, Prima/Rintis dan Alto secara realtime,” tuturnya.

Secara sederhana, mekanisme kerjasama antara Merpati, Doku dan Bank Permata dapat dijelaskan sebagai berikut: Pelanggan Merpati dapat melakukan reservasi tiket dengan menelepon Call Merpati dengan nomor 0804-1-621-621 atau 022-8888-7777 dan booking melalui Web Merpati di www.merpati.co.id untuk mendapatkan Kode Pembayaran. Kode Pembayaran unik yang sebelumnya diformulasikan oleh DOKU di sistemnya Merpati akan menjadi nomor virtual account Permata Bank yang terdiri dari 16 digit.

Pelanggan Merpati memiliki waktu 90 menit untuk melakukan pembayaran tiket via ATM maupun online banking. Apabila melewati tenggat waktu yang diberikan, maka kode pembayaran virtual account tadi akan secara otomatis dibatalkan oleh Merpati. Dengan demikian Merpati memberikan keleluasaan untuk para pelanggan menentukan channel pembayaran yang dikehendaki dan sekaligus menjaga keamanan transaksi online yang terjadi. (aliy)