Angkasa Pura 2

18 Penerbangan Garuda Terpaksa Tanpa Makanan Akibat Pegawai Aerofood ACS Berunjukrasa

KokpitSelasa, 30 April 2013
garuda di lampung-edit

JAKARTA – Sebanyak 18 penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (30/4/2013) pagi, tak mendapat pasokan makanan akibat pemogokan pegawai PT Aerofood ACS, yang merupakan salah satu unit usaha Garuda.

Pujobroto, VP Corporate Communication PT Garuda Indonesia, mengemukakan penerbangan tanpa fasilitas pelayanan makanan tersebut dimulai dari jadwal pertama penerbangan.

“Menurut data yang kami dapat, ada 18 penerbangan Garuda hingga jam 08.30 tak dilengkapi pemberian makanan kepada penumpang. Atas kekurangnyamanan ini, kami menghaturkan permohonan maaf kepada pengguna jasa,” jelasnya kepada beritatrans.com.

Karena tak adanya fasilitas layanan makanan, Pujobroto mengungkapkan PT Garuda Indonesia memberikan kompensasi berupa uang kontan dengan besaran bervariasi Rp100.000-300.000/penumpang, tergantung waktu tempuh penerbangan.

Dia menjelaskan pasokan makanan untuk penumpang pesawat Garuda Indonesia mengalami gangguan karena pegawai PT Aerofood ACS mengadakan unjukrasa. “Mereka slow down bekerja,” ungkapnya.

Meski demikian, Pujobroto mengaku tidak mengetahui motif sebenernya dari aksi slow dwon tersebut. “Hanya saja, saya mendengar kabar bahwa pegawai sudah dalam dialog dengan pihak manajemen PT Aerofood ACS. Semoga cepat mendapatkan solusi terbaik, sehingga pelayanan bisa tetap terjaga,” harapnya.

Pegawai Aerofood ACS demo

LAYANI 30 MASKAPAI
Aerofood ACS merupakan bagian dari anak perusahaan Garuda yang bergerak dalam usaha penyediaan catering atau makan dalam penerbangan. Seluruh cabang ACS saat ini mampu memproduksi sebanyak 65.500 porsi makanan setiap harinya. Sedangkan untuk ACS yang ada di Jakarta mampu memproduksi makanan sebanyak 35.000 porsi setiap harinya. Dalam proses produksinya, ACS telah menerapkan standar internasional sesuai dengan standar ISO 9001 – 2001 dan ISO 22000.

Untuk penerbangan Garuda, ACS juga menyiapkan makanan untuk pesanan khusus penumpang seperti : vegetarian meal, kosher meal, diabetic meal, gluten atau sugar free meal, low fat meal, soft diet meal dan low salt diet meal. Bagi penumpang Garuda yang akan memesan makanan khusus tersebut harus memesan pada saat melakukan reservasi. Pesanan makanan khusus dapat dilakukan sedikitnya tiga hari sebelum tanggal keberangatan.

Di website aerofood.co.id disebutkan bahwa Aerofood ACS melayani 30 perusahaan penerbangan. Selain itu, unit usaha tersebut juga melayani sejumlah rumah sakit serta lokasi eksplorasi minyak dan gas.(aw).
(aw).

loading...
  • http://www.facebook.com/avin.alvin.73 Avin Alvin

    Perusahaan multi nasional ko gaji kryawany sngt memprihatinkan y.
    yg hidup mewah hanya para pejabat ny saja.
    Tolong dong Pa mntri nasib kryawany

  • http://www.facebook.com/avin.alvin.73 Avin Alvin

    Buat tmnku zulbahrum.
    kau adalah Pahlawan ku.smoga kau dtrima di Sisiny.Amiinnn..