Angkasa Pura 2

Route Ditutup, AirAsia Harus Alihkan ke Maskapai Lain

KokpitKamis, 6 Juni 2013
Air Asia

JAKARTA (beritatrans) – AirAsia diminta harus tetap membantu calon penumpangnya sudah memesan tiket untuk penerbangan 1 Juli 2013 tujuan Jakarta-Semarang selain refund, juga mengalihkan ke maskapai lain.

Anggota pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menegaskan hal itu saat dimintai komentarnya, Rabu (5/6) terkait ditutupnya route penerbangan Jakarta-Semarang oleh manajemen AirAsia Indonesia.

“Kami meminta AirAsia agar jangan sampai calon penumpang tidak kehilangan jadwal penerbangan yang telah direncanakan. Saya yakin pasti sudah banyak orang yang melakukan reservasi sejak lama,” ujarnya.

Penumpang Air Asia

Manajer Komunikasi AirAsia Indonesia, Audrey Progastama Petriny menyatakan, kebijakan tersebut merupakan strategi perusahaan dalam mengoptimalkan utilisasi pesawat. Sebab, kami akan menambah frekuensi penerbangan di sejumlah rute.

“Rute tersebut ditutup bukan karena kurang menguntungkan bagi perusahaan. Kami mengambil keputusan ini karena adanya perubahan strategi,” ujarnya.

Padahal, kata Audrey, tingkat keterisian atau load factor untuk rute Jakarta-Semarang mencapai 70 persen sebelum perusahaan memutuskan untuk menutup rute tersebut.

Selama ini, AirAsia Indonesia mengoperasikan dua penerbangan rute Jakarta-Semarang dengan nomor QZ 7564 dan QZ 7568. Ada tiga opsi yang ditawarkan maskapai tersebut kepada para calon penumpang yang sudah melakukan reservasi tiket Jakarta-Semarang.

“Pertama, calon penumpang dapat memindahkan jadwal keberangkatan sebelum 1 Juli 2013 tanpa biaya tambahan. Kedua, para calon penumpang dapat menukar tiket ke rute lain dengan nilai yang sama dalam jangka waktu 180 hari. Ketiga, para calon penumpang bisa membatalkan reservasi dan memperoleh pengembalian pembayaran,” paparnya.(machda)