Angkasa Pura 2

Ferry Tenggelam, 1 Tewas dan 20 Orang Hilang

DermagaJumat, 14 Juni 2013
FERRY TENGGELAM

MANILA — Sebuah ferry tenggelam di perairan wilayah Filipina. Meski belum dapat diketahui penyebab tragedi tersebut, tapi kemungkinan disebabkan terlalu beratnya muatan karena mengangkut dua bus besar.

Ferri bernama MV Lady of Mount Carmel tenggelam sebelum fajar waktu setempat. Setidaknya satu orang tewas dan lebih dari 20 orang lainnya hilang, seperti dilansir situs channelnewsasia.com, Jumat (14/6/2013).

Pemerintah Filipina mengerahkan sebuah pesawat milik Angkatan Laut Filipina, petugas penjaga pantai dan perahu nelayan setempat dikerahkan ke perairan sekitar dua kilometer pulau Burias untuk mencari para korban.

Di samping itu, 34 orang penumpang kapal ferri itu, dengan cepat dapat diselamatkan, namun seorang wanita berusia 58 tahun tewas tenggelam. Menurut Kepala Pertahanan Sipil Regional, Alejandro, saat ini tim pencari berusaha menemukan 20 orang penumpang kapal feri yang masih hilang.

Meski begitu, ia mengaku belum mengetahui penyebab tenggelamnya kapal tersebut, namun informasi itu bisa didapatkan dari kapten kapal, yang berhasil diselamatkan.

Menurut kapten kapal itu, kemungkinan kapal tenggelam lantaran membawa dua bus penumpang berukuran besar. “Kapal itu tenggelam begitu cepat. Kondisi permukaan air, dan cuaca, cukup tenang pada malam itu,” ujar Alejandro.

Ia berharap jumlah korban tewas akibat kecelakaan tersebut tidak banyak, karena sebagian besar penumpang mengenakan jaket pelampung ketika tenggelam.

“Kami berharap banyak akan diselamatkan. Kami meresponnya dengan cepat,” katanya. (machda)

loading...