Angkasa Pura 2

Bosch Bangun Pabrik Otomotif Pertama di Indonesia

OtomotifJumat, 28 Juni 2013
mobil-pabrik

JAKARTA (beritatrans.com) — Produsen komponen otomotif, PT Robert Bosch akan mendirikan pabrik otomotif pertama di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, investasi awal yang disiapkan untuk pendirian pabrik 10 juta Euro.

Rencananya, pabrik ini berproduksi mulai tahun 2014 akan mengambil lokasi di sekitar Jakarta. Pabrik ini akan memproduksi komponen-komponen otomotif terutama untuk pabrikan mobil Jepang di Indonesia. Lewat pabrik ini, Bosch akan merekrut lebih dari 120 eksekutif dalam tiga tahun ke depan.

“Pembangunan pabrik di Indonesia merupakan langkah penting kami dalam rangka pengembangan bisnis Bosch di Asia Tenggara,” ujar Martin Hayes, Presiden Bosch untuk Asia Tenggara dalam siaran persnya, Kamis 27 Juni 2013.

Martin mengakui, Asia Tenggara merupakan kawasan paling berkembang pesat bagi Bosch. Bosch memperkirakan, tahun 2016, volume produksi mobil di negara berkembang, khususnya yang diproduksi pembuat mobil asal Jepang akan melampaui volume produksi di negara-negara maju.

Sementara itu, Herbert Hemming, Presiden Bosch di Jepang meyakini, perusahaan-perusahaan Jepang meningkatkan belanja modal mereka ke luar negeri, khususnya di negara dengan ekonomi berkembang seperti di Asia Tenggara.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan mobil di Indonesia kuartal I 2013 naik 18%. Kenaikan penjualan mobil inilah yang menjadi kesempatan bagi Bosch untuk menggenjot bisnisnya di Indonesia.

“Sebagai negara berpenduduk terbanyak ke empat di dunia, dengan permintaan domestik yang kuat dan Indonesia akan segera menjadi pasar yang meminati produk-produk berkualitas tinggi,” terang Rudy Karimun, Managing Director untuk Bosch di Indonesia.

Bosch masuk ke Indonesia sejak tahun 1922 lalu dengan bidang usaha automotive aftermarket, automotive original equipment, security systems, drive and control, dan thermotechnology.(machda)

loading...