Angkasa Pura 2

Antisipasi Kenaikan Penumpang PT KAI Tambah Unit

EmplasemenSelasa, 2 Juli 2013
stasiun-depok

JAKARTA (beritatrans.com) — PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera menambah unit kereta api untuk menampung lebih banyak penumpang. Hal seiring dengan diberlakukannya tarif progresif pada transportasi kereta api di Jabodetabek, tahun 2013 ini.

“Kami menargetkan tahun ini mencapai 195 juta orang, tetapi tidak dalam arti berdesak-desakan. Jumlah ini mengalamai kenaikan dari tahun sebelumnya yang mencapai 140 juta orang,” ujar Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan pada peluncuran E-Ticketing dan penerapan tarif progresif di Stasiun Manggarai, Jakarta Senin (1/7/2013).

Menurut dia, PT KAI akan menyiapkan dan mendatangkan kereta-kereta dari Jepang. Penambahan diperkirakan sebanyak 180 unit, 20 persen dari total jumlah kereta yang beroperasi saat ini.

Penambahan kapasitas tersebut, kata Johan, setelah dihitung kapasitas angkut sehingga tidak usah dikhawatirkan terjadi penumpukan atau berjubel di dalam kereta.

‚ÄúPenambahan frekuensi berjalannya kereta berkonsekuensi pula pada masalah perlintasan sebidang. Ini kita berharap ada kerja sama antara DKI dengan Kementerian PU (Pekerjaan Umum), bagaimana membangun flyover atau perlintasan yang tidak sebidang,” katanya. (machda)