Angkasa Pura 2

PT KAI Gratiskan Angkutan Sepeda Motor

EmplasemenSenin, 8 Juli 2013
ketera

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia akan menyediakan pelayanan gratis angkutan sepeda motor ke tempat tujuan di Pulau Jawa. Kebijakan ini menyusul disetujuinya anggaran untuk subsidi Kementerian Perhubungan sebesar Rp25 miliar oleh DPR-RI dalam rapat di Gedung Parlemen, Senayan, di Jakarta, Senin (8/7/2013).

“Kepastian itu didapat setelah Komisi V DPR RI menggolkan anggaran Rp25 miliar Kementerian Perhubungan untuk subsidi pengangkutan sepeda motor menggunakan moda transportasi darat, kapal laut dan kereta api,” jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan.

Menurut dia, kebijakan ini mulai berlaku pada 2013. Kereta api diperkirakan bisa angkut 19.200 motor. Tahun lalu pemberian subsidi tidak ada, dan masyarakat harus membayar. Tahun ini ada subsidi pengangkutan dan gratis.

Bambang menambahkan, pengangkutan sepeda motor menggunakan moda kereta api dilakukan selama masa angkutan lebaran. Menyoal mekanisme dan pendaftarannya, dalam waktu dekat akan dijelaskan PT Kereta Api langsung ke publik.

“Diperkirakan untuk angkutan motor akan dilaksanakan selama 12 hari. Kalau dilihat dari angka yang disetujui dalam waktu 12 hari. Rencananya akan makan empat rangkaian selama satu hari. Taksirannya sekitar satu rangkaian 400 motor,” terangnya.

Fasilitas angkutan sepeda motor dengan kereta api ini berlaku di Pulau Jawa saja. Untuk jurusannya, kata Bambang, rencananya dari Jakarta sampai Semarang, dan Jakarta sampai Jogjakarta. Ia belum tahu apakah fasilitas ini berlaku pergi pulang atau hanya perginya saja.(machda)