Angkasa Pura 2

TPK Koja Terima Crane Dari China

DermagaSelasa, 9 Juli 2013
crane

JAKARTA (beritatrans.com) — Terminal Petikemas Koja (TPK Koja), Selasa (9/7/2013) menerima satu unit Super Post Panamax Quay Crane (QC) dan tiga unit Rubber Tyred Gantry Crane (RTGC) dari MV. Zhen Hua Port Machinery Company (ZPMC) China.

General Manager TPK Koja, Indra Sani mengemukakan, peralatan baru tersebut diperkirakan akan mulai beroperasi pada pertengahan Agustus setelah proses uji coba selesai. Dengan penambahan peralatan baru ini, TPK KOJA hingga saat ini memiliki Quay Crane sebanyak 7 unit dari 6 unit, RTGC menjadi 25 dari 22 unit dan didukung oleh 48 Head Trucks dan 3 Reachstackers.

ā€œSaya optimistis bahwa performa operasional TPK Koja akan terus meningkat dengan instalasi peralatan-peralatan baru. Karenanya, saya berharap dengan bertambahnya sejumlah fasilitas itu diharapkan TPK KOJA bisa menangani kapasitas muatan hingga menjadi 1.000.000 Twenty Equivalent Unit (TEU) per tahun,ā€ jelas Indra.

Menurut dia, pihaknya bertekad untuk memberikan performa operasional yang terus meningkat, sehingga kami dapat mempercepat waktu penanganan muatan kapal-kapal. Dengan kesuksesan instalasi N-Gen, Autogate and Single Billing (pembayaran elektronik), TPK Koja akan menjadi terminal pilihan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. Hutchison Ports Indonesia, Iwan Rialdy, salah satu pemilik TPK Koja mengatakan, dengan pertumbuhan arus kontainer yang terus meningkat di Indonesia, kehadiran peralatan baru akan memberi manfaat yang positif bagi operasional di Pelabuhan Tanjung Priok. (machda)