Angkasa Pura 2

November, Bandara Halim Dioperasikan Penerbangan Khusus

BandaraJumat, 12 Juli 2013
halim

MEDAN — PT Angkasa Pura II (Persero) akan membuka kembali Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan berjadwal pada November mendatang.

“Penerbangan oleh maskapai berjadwal akan dilakukan usai penyelenggaraan penerbangan haji November mendatang,” jelas Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Wasfan Widodo, di Medan, Kamis (11/7/2013).

Dia menambahkan, selama ini bandara tersebut hanya dioperasikan untuk penerbangan tidak berjadwal atau maskapai-maskapai carter saja. Dengan mulai padatnya Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, maka Halim pun akan dioperasikan kembali.

“Penggunaan kembali Halim Perdanakusuma telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan (KP) Nomor 369, tentang Pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma memerintahkan PT AP II untuk kembali mengoperasikan Bandara Halim,” jelas Wasfan.

Menurut dia, pengoperasian Bandara Halim karena pemerintah akan mengoptimalkan Halim dan mengurangi kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Wasfan mengemukakan, hingga saat ini proporsi penerbangan di Halim Perdanakusuma akan lebih banyak penerbangan berjadwal yaitu 80 persen penerbangan berjadwal dan 20 persen tidak berjadwal. Saat ini slot time penerbangan di Halim adalah 21 flight per jam. Jadi nanti tinggal dibagi saja.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II menyebutkan,  banyak maskapai yang ingin terbang ke Halim. Tetapi itu adalah kewenangannya Kemenhub. “Jadi, maskapai mana saja yang akan memakai bandara tersebut, hal itu akan diatur Kementerian Perhubungan,” paparnya. (machda)

loading...