Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran, ASDP Merak Tingkatkan Pelayanan

DermagaSenin, 15 Juli 2013
dermaga merak

MERAK (beritatrans.com) — PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry berkomitmen meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten, menjelang mudik Idul Fitri 1434 Hijriah.

“Kami mengerahkan sebanyak 28 kapal roro untuk mengatasi lonjakan penumpang lebaran,” kata Manager Usaha Pelabuhan Merak PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna di Merak, Senin (15/7/2013).

Menurut dia, pihaknya optimistis pengoperasian kapal sebanyak itu bisa mengatasi antrean dan penumpukan penumpang lebaran. PT ASDP berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan.

Nana menambahkan, saat ini sarana dan prasarana penunjang kelancaraan penumpang tengah dikerjakan, termasuk lahan parkir kendaraan. Pengoperasian kapal 28 armada maka perjalanan Merak-Bakauheni, Lampung di atas 90 trip.

Perjalanan di atas 90 trip tentu tidak terjadi antrean maupun penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak. Semua penumpang pejalan kaki, penumpang di atas kendaraan maupun angkutan truk dapat diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung dengan lancar.

“Kami menargetkan pembangunan parkir dermaga empat dan kantong parkir penampungan kendaraan di bekas lahan PT Kereta Api Indonesia seminggu sebelum lebaran sudah dioperasikan,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan. Saat ini, pelabuhan Merak terus membenahi sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran angkutan mudik lebaran.

“Apabila, lokasi parkir itu sudah selesai kemungkinan bisa menampung ribuan kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan angkutan. Selain itu, juga mengoptimalkan 11 loket tiket untuk mengatasi antrean penumpang pejalan kaki,” ujar Nana.

Dia mengemukakan,  ASDP Merak juga memberikan kemudahan bagi penumpang cacat fisik maupun usia lanjut dengan menyediakan peralatan kursi roda. Peralatan kursi roda itu disediakan sebanyak 11 unit untuk mengantar penumpang ke atas kapal “roll on roll of” atau roro.

ASDP Merak juga menyediakan ruangan ibu untuk menyusui bayi juga delapan titik pos kesehatan. Dia  berharap pelayanan ini dapat menjadikan kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat. (machda)