Angkasa Pura 2

AirAsia Buka Rute Surabaya-Singapura

KokpitSelasa, 16 Juli 2013
Air-Asia-Indonesia

SURABAYA (beritatrans.com) — Maskapai¬† penerbangan PT AirAsia Indonesia resmi membuka penerbangan dari Surabaya menuju Singapura pada Senin (15/7/2013) ini dengan tingkat keterisian penumpang mencapai 90 persen.

Penerbangan perdana dari Surabaya ke Singapura berjalan lancar. Rute ini akan ada setiap hari guna menjawab tingginya permintaan penerbangan ke Singapura dan sebaliknya.

“Selain Surabaya-Singapura, rute baru yang dibuka adalah Medan-Singapura. Hingga¬† akhir 2013 ini tidak akan ada lagi pembukaan rute baru, melainkan menambah frekuensi penerbangan,” ujar Direktur Utama PT AirAsia Indonesia, Dharmadi kepada wartawan di Surabaya, Senin (15/7/2013)

Menurut dia, saat ini frekuensi penerbangan dari Surabaya ke Singapura sekali sehari, nanti akan ditambah menjadi dua hingga tiga kali sehari. Begitu juga rute Surabaya ke Kuala Lumpur, dari empat kali menjadi lima kali sehari.

“Selain menambah rute dan frekuensi penerbangan, pihaknya juga menambah jumlah pesawat. Hingga akhir 2013, AirAsia akan menambah enam pesawat lagi sehingga jumlah pesawat mencapai 30 unit,” papar Dharmadi.

Ia menyatakan, pesawat tersebut akan ditempatkan di beberapa bandar udara internasional yang ada di Indonesia, antara lain Bandara Juanda Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Sultan Hassanudin Makassar dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Tahun depan akan menambah enam unit pesawat lagi. Namun yang jelas,Perusahaan akan tetap berupaya menekan biaya operasional serendah mungkin agar harga tiketnya bisa murah. Salah satunya dengan mengoperasikan pesawat-pesawat baru, tandas Dharmadi.

“Secara umum pada 2013 ini perusahaan menargetkan mengangkut sebanyak 7,5 juta penumpang atau naik 25 persen dibanding capaian 2012 lalu sebanyak 5,8 juta penumpang. Dari total target kami 7,5 juta penumpang di tahun ini, mungkin kontribusi rute Surabaya ke Singapura tidak cukup besar, apalagi cuma sekali sehari. Tapi ke depan, kami akan menambah frekuensinya,” kata Direktur Utama PT AirAsia Indonesia. (machda)

loading...