Angkasa Pura 2

Sidak Kondisi Jalur Mudik, Politisi PAN Setir Mobil Jakarta-Sumbar

KoridorSelasa, 16 Juli 2013
taslim.jpeg

JAKARTA — Ingin memastikan kondisi jalan dan keamanan bagi para pemudik ke Sumatera tahun ini,¬† Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Taslim Chaniago penasaran dengan kondisi dan keamanan jalur mudik 2013 sepanjang Sumatera. Ia langsung dengan mengemudikan mobilnya dari Jakarta ke Sumatera Barat.

Anggota Komisi III ini mengaku, membawa sendiri mobilnya karena untuk memastikan kondisi jalanan sebenarnya, bukan sekadar laporan. Ia rela menempuh jarak 1347 KM dan menghabiskan puluhan jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

“Saya memilih memulai masa reses dengan menempuh jalur darat ke Sumbar. Agar bisa melihat langsung kondisi jalur yang akan dilewati para pemudik nantinya, lebih baik mencegah dari pada terjadi hal yang tidak diinginkan” ujar Taslim dalam keterangan persnya saat melewati daerah Sumsel, Senin (15/7/2013).

Dia mengemukakan, selama perjalanan dari Jakarta hingga kota Palembang, Taslim menemui kondisi jalan yang masih rusak dan butuh perbaikan segera. Ia juga meminta kepolisian untuk segera meningkatkan keamanan dijalur-jalur yang dianggap rawan.

“Posko ketupat alangkah lebih baik didirikan secepat mungkin. Terutama untuk Polda Lampung dan Sumsel, karena dua jalur ini telah ada kenaikan arus kendaraan” kata Taslim yang juga Ketua Kapoksi PAN di komisi III DPR ini.

Taslim mengatakan, tentang adanya informasi ancaman bajing loncat di beberapa titik. Salah satu alasannya menggunakan jalur darat karena ingin merasakan betul rasanya pengamanan dan kenyamanan di jalan.

“Hal ini penting untuk memantau kinerja kepolisian untuk persiapan lebaran. Karena masyarakat butuh kenyamanan dan keamanan selama perjalanan untuk bertemu sanak famili dikampung halaman dihari kemenangan” jelasnya.

Dia berharap, arus mudik tahun ini angka kecelakaan dapat ditekan sekecil mungkin, salah satunya dengan menambah personel polisi di titik-titik rawan dan sosialisasi tentang pentingnya keamanan selama berkendaraan.

Tasli mengakui, dirinya  mencoba menyetir sendiri kendaraannya. Untuk menguji tingkat ketahanan tubuh dan konsentrasi pengendara saat mengemudi. Sebab, tubuh pengemudi mempunyai ambang batas kemampuan. Saya sarankan jangan memaksakan diri saat sudah lelah dan mengantuk, karena membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya. (machda)

loading...