Angkasa Pura 2

Ilham Habibie Pesimis Ada Investor Beli Merpati

KokpitRabu, 17 Juli 2013
merpati-kecil

JAKARTA (beritatrans.com) –  Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Ilham Akbar Habibie, putra sulung mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie meyakini tidak mungkin ada investor yang berani membeli Merpati Nusantara Airlines. Sebab, utang Merpati sangat besar mencapai Rp6 triliun.

“Karena itu, saya usulkan agar persoalan Merpati ini dikembalikan ke pemerintah yang notabene sebagai pemilik maskapai penerbangan itu. Saya kira ini persoalan perusahaan bisnis pemerintah,” ujar pakar aerospace dari Jerman itu, di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Dari total utang tersebut, Rp2,3 triliun adalah utang pesawat dari China. Pemerintah sebagai pemilik harus bisa memutuskan sendiri, mau diapakan Merpati. Karena itu, tampaknya tidak realistik dengan utang begitu besar ditawarkan kepada investor, kata pemilik perusahaan penerbangan itu.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan masih optimis menawarkan maskapai PT Merpati Nusantara Airline kepada investor. Setelah dapat investor nanti, pemerintah tetap akan izin ke DPR soal penjualan maskapai pelat merah tersebut.

“Kalau soal minta persetujuan DPR, ya nanti. Sekarang baru akan mencari investor dulu,” kata Dahlan saat ditemui di kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Saat ini, pemerintah masih mencari solusi untuk menawarkan Merpati ke berbagai investor. Namun Merpati saat ini memang mengalami kesulitan khususnya menangani masalah utang sejumlah Rp6 triliun. (machda)

loading...