Mudik 2013, Ditjen Perkeretaapian Sediakan KA Gratis untuk Angkut Motor

EmplasemenRabu, 17 Juli 2013
KA Kualanamu 1

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen Perka Kemenhub) menyediakan kereta api untuk mengangkut 2400 sepeda motor yang akan dibawa pulang mudik Lebaran 2013/1434 H. Pemberangkatan dilakukan selama empat hari mulai tanggal 3 sampai dengan 6 Agustus 2013. Sedangkan pemulangan (kembali ke Jakarta) di mulai pada tanggal 11 sampai 14 Agustus 2013. Fasilitas angkutan motor oleh kereta api ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Biayanya ditanggung pemerintah dengan memberikan subsidi kepada masyarakat melalui PT Kereta Api Indonesia,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Tundjung Inderawan di Jakarta, Rabu (17/7).

Tundjung mengatakan, program angkutan sepeda motor gratis oleh kereta api ini merupakan yang pertama kali dilakukan. Hal ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2013 yang aman, nyaman dan tetap menjamin keselamatan.

“Tujuan subsidi angkutan sepeda motor ini juga dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh para pemudik dengan menggunakan sepeda motor,” katanya.

Keberangkatan kereta api gratis untuk motor ini akan dilakukan di empat lokasi yaitu dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikarang, dan Stasiun Cikampek. Pemilihan empat lokasi pemberangkatan tersebut untuk memudahkan masyarakat Jakarta, Bekasi, Karawang serta Cikampek yang akan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor ini.

Adapun lintas pelayanan untuk arus mudik yang melalui lintas utara akan berhenti di Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, dan stasiun Semarang Poncol. Sedangkan untuk lintas Selatan berhenti di Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyakarta. dan Stasiun Solo Jebres.

Sedangkan untuk arus baliknya, pemberangkatan dilakukan dari Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon untuk lintas utara. Sedangkan untuk lintas selatan lokasi pemberangkatan dari Stasiun Solo Jebres, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo.

“Untuk arus balik, baik lintas utara mapun selatan, akan berhenti di Staiun Cikampek, Karawang, Cikarang, dan Jakarta Gudang,” kata Tundjung.

Kepala Humas Ditjen Perkeretaapina Kemenhub, Muhartono mengatakan, masyarakat yang ingin memanfaatkan program ini harus mendaftar langsung ke lokasi pendaftaran di Kantor Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Barat No 8 Jakarta Pusat lantai dasar gedung Cipta. Pendaftaran dimulai hari Rabu, 17 Juli hingga Jumat 2 Agustus 2013 pukul 08.30 s.d 15.00 WIB.

Syaratnya antara lain, calon pemudik gratis sepeda motor dengan kereta api harus memiliki tiket keberangkatan mudik dan tiket kepulangan balik yang sama yang tertera pada tiket. Artinya, calon pemudik harus memiliki tujuan yang sama dengan tujuan motor yang akan diangkut kereta api gratis

“Meskipun pada saat mudik atau pun balik, pemudik menggunakan bus atau kereta dengan jadwal yang berbeda dengan jadwal pemberangkatan motor, tetapi daerah tujuan pemudik dan motor itu sama,” kata Muhartono.

Adapun sepeda motor yang diangkut harus memenuhi persyaratan antara lain tidak boleh ada modifikasi/asesoris tambahan; kaca spion wajib dilepas (dibawa pemilik); jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik; harus ada penyangga/standar tengah; harus ada pegangan belakang; ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik; tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang; bensin sepeda motor sewaktu diangkut harus dalam keadaan kosong/kering; kunci sepeda motor diserahkan kepada petugas ekspedisi; dan menunjukkan STNK Asli.

Saat pengiriman, pengguna jasa mudik sepeda motor gratis wajib melakukan proses administrasi pada loket pengiriman dan melengkapi berkas berupa fotocopy KTP, fotocopy STNK, Nama dan Stasiun yang dituju. Kemudian pada saat pengambilan sepeda motor di stasiun tujuan, pemudik juga harus menunjukkan bukti-bukti administrasi tersebut. (aliy)