Angkasa Pura 2

Pemkot Pontianak Kaji Transportasi Modern

KoridorRabu, 17 Juli 2013
trans_jogja

PONTIANAK — Pemerintah Kota Pontianak saat ini tengah mengkaji penerapan sistem transportasi modern di kota itu. Minimal transportasi modern yang baru nanti seperti di Yogyakarta. Sebab, angkutan kota yang ada dilayani oleh oplet yang seakan mati suri.

“Untuk mendukung rencana tersebut, ke depan akan ada beberapa terminal yang akan dijadikan satu rute, dengan menggunakan armana mini bus yang bisa membawa penumpang sebanyak 16 orang,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak Kota Pontianak, Puji Hartadi di Pontianak, Rabu (17/7/2013).

Selain itu, tambahnya, ute-rute yang akan dilewati armada transportasi modern tersebut, saat ini rata-rata masih banyak yang mengalami proses pelebaran menggunakan pondasi beton.

Puji menyebutkan, Jalan Komodor Yos Sudarso, Jalan Karet, misalnya keluar Jalan Husein Hamzah atau Jalan Ampera, dilanjutkan ke arah kota, atau seperti Jalan Sungai Raya dalam tembus ke Jalan Perdana, sehingga yang dulunya melewati beberapa terminal, ke depannya menjadi satu rute saja.

Pudi menegaskan, tujuan utama modernisasai angkutan tidak lain untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan protokol Pontianak, dan membantu masyarakat untuk mencapai tempat yang dituju dengan mudah dan cepat.

Dia  menargetkan 2014 rencana transportasi modern itu sudah bisa dilaksanakan. Dalam waktu dekat  akan dibicarakan dengan perusahaan terkait penyedian transportasi itu, sehingga sopir oplet sebelumnya bisa menjadi sopir mini bus tersebut, agar mereka tidak kehilangan mata pencaharian. (machda)

loading...