Angkasa Pura 2

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Sediakan Kapal Ferry Gratis untuk Mudik Motor

KoridorSabtu, 20 Juli 2013
Motor Naik Kapal

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik gratis sepeda motor. Kali ini pengguna sepeda motor yang berniat mudik ke Semarang, Jawa tengah, bisa menikmati layanan Kapal Ferry Ro-Ro dengan gratis.

Pemudik sepeda motor akan diberangkatkan dari Terminal 2 Pelabuhan Tanjung Priok – Jakarta Utara setiap harinya terhitung dari tanggal 1 sampai dengan 5 Agustus 2013. Ditjen Hubdat menyiapkan dua buah Kapal Ferry Ro-Ro (KMP. Ranaka dan KMP. Wayangan) berbobot 750 GT. Setiap harinya bergantian mengantarkan pemudik menuju Tanjung Emas – Semarang.

Disyaratkan bahwa satusepeda motor berlaku untuk dua orang dewasa dan satu orang balita. Pengendara motor beserta motornya diangkut menggunakan Kapal Ferry Ro-Ro, sedangkan penumpang (pengikutnya) akan diberangkatkan menggunakan Bus dari Pool Bus Damri Kemayoran, Jalan Angkasa – Jakarta Pusat menuju Terminal Mangkang/Terboyo Semarang – Jawa Tengah.

“Ditargetkan setiap Kapal Ferry Ro-Ro dapat mengangkut 400 motor beserta 400 orang pengendaranya setiap hari. Jumlah bus yang disiapkan bagi penumpang sejumlah 8-10 bus setiap harinya,” kata Dirjen Hubdat Kemenhub Soeroyo Alimoeso di Jakarta, Jumat (19/7).

Sepeda yang akan diangkut harus memenuhi syarat yaitu: tidak boleh ada modifikasi/asesoris tambahan; Memiliki KTP, STNK dan SIM yang sah dengan nama pemegang/pemilik yang sama; Kaca spion wajib disesuaikan dengan ruangan Kapal (bila perlu dibawa oleh pemilik); Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik; Harus ada penyangga/standar tengah dan pegangan belakang; Tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang; dan satu orang pemilik/pengendara sepeda motor wajib ikut menumpang di kapal.

Peminat juga harus mendaftar terlebih dahulu di Kantor Kementerian Perhubungan, Lobby Gedung Cipta Lantai Dasar, setiap hari mulai dari hari Selasa tanggal 16 Juli 2013 s. d. 30 Juli 2013, pkl 08.00 WIB -15.00 WIB, hingga memenuhi kuota.

Jadwal pemberangkatan sepeda motor dan pengendaranya akan dilaksanakan tanggal 1 dan 2 Agustus 2013 pukul 09.00 WIB; tanggal 3 dan 4 Agustus 2013 pukul 13.00 WIB; dan tanggal 5 Agustus 2013 pukul 17.00 WIB.

Sedangkan pemberangkatan penumpang (pengikutnya) dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 5 Agustus 2013, pada pukul 10.00 WIB s.d. 12.00 WIB, berangkat dari Pool Bus Damri Kemayoran, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat menuju Terminal Mangkang/Terboyo – Semarang.

Sedngkan pada pada saat arus balik, disiapkan satu buah Kapal Ferry Ro-Ro (KMP. Ranaka) dari Semarang ke Jakarta pada tanggal 11 Agustus 2013 (satu kali) keberangkatan. (aliy)