Angkasa Pura 2

Kerata Api Kahuripan Anjlok di Tasikmalaya

EmplasemenSabtu, 20 Juli 2013
kahuripan

TASIKMALAYA (beritatrans.com) — Lagi-lagi kereta api mengalami kecelakaan. Kali ini menimpa Kereta Api (KA) Kahuripan jurusan Bandung-Kediri yang anjlok di kawasan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (19/7/2013) malam, namun rangkaian gerbong yang anjlok berhasil dievakuasi pada Sabtu dini hari.

Kepala Polsek Kadipaten AKP Syamsudaya mengatakan, sekarang sudah berjalan normal setelah semalam hingg pagi hari tadi, Sabtu (20/7/2013) kereta sudah bisa diangkat ke relnya. Jadi, mulai pukul 04.00 WIB.

Menurut dia, KA Kahuripan No. Lok. CC20311 itu berangkat dari Bandung menuju Kediri, namun anjlok di rel KM.239, atau tepatnya di Kampung Wage, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten.

“Dalam kejadian itu, satu dari delapan rangkaian gerbong yang anjlok, yakni gerbong pada rangkaian kelima yang membawa cukup banyak penumpang. Gerbong kelima itu gerbong makan, roda kirinya anjlok keluar jalur rel, sedangkan gerbong lainnya tetap pada relnya,” katanya.

Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Petugas PT KAI berupaya mengevakuasi gerbong anjlok dengan melepas tiga rangkaian gerbong belakang.

Seluruh penumpang di gerbong belakang dievakuasi ke gerbong bagian depan untuk melanjutkan perjalanan menuju stasiun tujuan, sedangkan tiga gerbong lainnya dievakuasi ke Stasiun Cipeundeuy, Kabupaten Garut.

Aparat kepolisian bersama PT KAI masih melakukan penyelidikan penyebab anjloknya satu gerbong makan tersebut. “Penyebab kejadian anjlok masih dalam penyelidikan PT KAI,” kata Syamsudaya. (machda)

loading...