Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran, DAOP Jember Tak Tambah Gerbong

EmplasemenSenin, 22 Juli 2013
mutiaratimur

JEMBER (beritatrans.com) — Tidak seperti daerah operasi (daop) lainnya, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, di musim lebaran ini tidak menambah gerbong dalam rangkaian kereta api kelas bisnis, eksekutif, dan ekonomi menjelang Lebaran 2013.

“Tidak ada penambahan gerbong untuk arus mudik dan balik Lebaran, karena pihaknya akan memaksimalkan rangkaian kereta yang ada. Rangkaian yang ada sudah disesuaikan dengan daya angkut dan kemampuan lokomotif masing-masing kereta, sehingga tidak ada rencana untuk menambah gerbong,” kata Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember, Gatut Sutiyatmoko, Minggu (21/7/2013).

Dia menyebutkan, KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya memiliki 10 rangkaian gerbong yang terdiri atas satu gerbong makan, dua gerbong luar dinas, empat gerbong kelas eksekutif, dan tiga gerbong kelas bisnis.

Menurut Gatut. untuk kereta api reguler dengan jalur pendek seperti KA Probowangi jurusan Probolinggo-Banyuwangi, dan KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi, masih melihat situasi dan kondisi di lapangan, namun tetap disesuaikan dengan daya angkut lokomotif.

“Data di Daop Jember tercatat tiket KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto yang terjual habis selama arus mudik dan balik Lebaran, adalah tujuan Purwokerto untuk keberangkatan 3-12 Agustus 2013. Sedangkan tujuan Surabaya masih tersisa rata-rata 300 hingga 400 kursi,” jelas dia.

Gatut mengatakan, sebagian besar penumpang naik dari Stasiun Gubeng Surabaya, sehingga pihak Stasiun Jember hanya bisa melayani penumpang yang akan membeli tiket KA Logawa untuk tujuan Surabaya saja.

Untuk KA Mutiara Timur Malam dan KA Mutiara Timur Siang justru tiket yang terjual habis pada arus balik Lebaran untuk keberangkatan 11-15 Agustus 2013.

Sementara, untuk pengamanan jalur lintasan kereta api selama masa angkutan Lebaran, PT KAI Daop IX Jember melibatkan 171 personel Brimob Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk mengamankan wilayah Daop setempat sepanjang Banyuwangi-Pasuruan.(machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari