Kemacetan di Tanjung Priok

Rubrik Iskandar AbubakarSenin, 22 Juli 2013
photo-3

Beberapa hal yang mengakibatkan jalan menuju Tanjung Priok mengalami kemacetan yang parah diantaranya kapasitas jalan yang ada sudah tidak mampu untuk mengalirkan permintaan lalu lintas yang meningkat dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan inini.

Permasalahan ini bertambah berat karena manajemen lalu lintas selama konstruksi jalan layang dikawasan priok, kerusakan kerusakan jalan dan beberapa penyempitan ruang jalan serta ketidak disiplinan pemakai jalan.

Kinerja lalu lintas menuju pelabuhan yang buruk ini akan memberi dampak lebih besar lagi terhadap kinerja Pelabuhan Tanjung Priok yang masih ditambah dengan permasalahan kelambatan penanganan dokumen oleh Bea Cukai.

Gangguan kelancaran menuju pelabuhan Tanjung Priok memberikan dampak yang luar biasa juga terhadap biaya tarnsportasi yang pada gilirannya mengakibatkan inefisiensi sistem transportasi.

Apa Yang bisa dilakukan

Pertama sekali yang perlu dilakukan adalah melakukan perbaikan jalan yang rusak, dan secara bersamaan menghilangkan semua gangguan lalu lintas.  Selanjutnya segera menyelesaikan jalan tol yang penyelesaiaannya berjalan sangat lambat.

Jangka panjangnya perlu dipertimbangkan untuk membuat jalan tol antara Kawasan industri yang berada di antara Bekasi – Cikampek langsung menuju pelabuhan. Jalan tol ini seyogyanya khusus diperuntukkan untuk Angkutan Barang, dan kendaraan pribadi dilarang menggunakan jalan ini, kalaupun dijinkan harus membayar dua atau tiga kali mobil truk tempel/petikemas.

Sedangkan untuk memecahkan masalah kelambatan prosesing dukumen bea cukai perlu menerapkan tehnologi informasi yang saat ini sudah merupakan metoda yang umum atau diprivatisasi seperti yang pernah dilakukan oleh PT Surveyor Indonesia pada tahun 1985 untuk mengatasi kebuntuan proses impor.

Iskandar Abubakar / @iskandarabu