Angkasa Pura 2

Maskapai Domestik dan Asing Rebutan Ajukan Penerbangan Tambahan

KokpitSenin, 22 Juli 2013
pesawat-2

JAKARTA (beritatrans.com) –  Sedikitnya, saat ini sudah tiga maskapai penerbangan dalam negeri yang mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) untuk rute-rute domestik dalam rangka lebaran 1434 H. Sedangkan untuk penerbangan tambahan pada rute internasional telah diajukan 10 maskapai.

“Hingga kemarin baru tiga maskapai penerbangan nasional yang mengajukan penerbangan tambahan di rute domestik, yaitu PT Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia dan PT Sriwijaya Air. Sedangkan 16 maskapai lainnya belum mengajukan penerbangan tambahan,” jelas Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmojo kepada wartawan di Kantor Kemenhub di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Dia menambahkan, Sriwijaya Air mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Tanjung Pandan dan Jakarta-Pangkal Pinang.  Total kursi tambahan yang disediakan sebanyak 49.056 kursi.

Sementara itu, Citilink mengajukan untuk rute Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Padang, Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Batam-Surabaya dengan kursi tambahan yang disediakan sebanyak 58.360 kursi.

“Garuda sendiri mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Padang, Jakarta-Denpasar 3 penerbangan tambahan dan Denpasar-Jakarta dengan total kursi tambahan 16.664 kursi,” jelas Djoko.

Menurut dia, bukan hanya rute-rute domestik saja yang menjadi incaran makspai pada musim lebaran 1434 H. Sejumlah rute internasional juga diminati oleh maskapai penerbangan dalam dan luar negeri. Total kursi tambahan yang diajukan sebanyak 36.188 kursi.

Garuda Indonesia misalnya, jelas Djoko, mengincar rute Jakarta-Inceon-jakarta sebanyak 2 frekuensi dan Denpasar-Osaka-Denpasar sebanyak 5 frekuensi. Sedangkan Indonesia Ar Asia mengambil rute Jakarta-Singapura-Jakarta sebanyak 12 frekuensi dengan total kursi tambahan 3.744.

Maskapai asing juga ikut berebut kue dalam lebaran kali ini, Malaysia Airlines misalnya mengajukan penerbangan tambahan untuk rute Kuala Lumpur-Medan-Kuala Lumpur, Air Asia Berhad mengambil rute Kuala Lumpur-Solo-Kuala Lumpur, Cathay pacific mengambil rute Cengkareng-Hongkong dan Hongkong-Surabaya-Hongkong.

Selain itu, Eva Air membidik rute Taipei-Surabaya-Taipei, Singapore Airline dan Silk Air mengambil rute Singapura-Surabaya-Singapura, Singapura-Medan-Singapura, Singapura-Palembang-Singapura, Singapura-Jakarta-Singapura sedangkan China Airlines membidik rute Taipei-Denpasar-Taipei. (machda)

Artikel Berikutnya →