Angkasa Pura 2

Woow .. Merpati Tambah 5000 Kursi dan Extra Flight

KokpitSelasa, 23 Juli 2013
merpati terbang-23

JAKARTA — Manajemen maskapai penerbangan plat merah,  Merpati Nusantara Airlines menambah 5000 kursi dan penerbangan tambahan (extra flight). Kebijakan ini selama masa lebaran terhitung mulai tujuh hari sebelum (H-7) Idul Fitri 1434 Hijriah hingga sembilan hari (H+9) sesudahnya.

“Keputusan ini selain untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang setia, tapi  juga  memenuhi permintaan jasa angkutan penerbangan komersial dari masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Masyarakat yang akan kembali ke tempat tinggal atau ke tempat kerja semula setelah merayakan libur lebaran,” tegas Jelas Vice President Corporate Secretary, Merpati Herry Saptanto, di Jakarta, Senin (23/7/2013).

Menurut dia, Merpati ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang setia Merpati  dan masyarakat Indonesia yang akan merayakan Hari Raya dan Liburan Idul Fitri 1434 Hijriah atau 2013 Masehi, bersama keluarga di kampung halaman.

Selain itu, jelas Herry, Merpati akan menambah kursi dan penerbangan tambahan atau extra flight. Kami harapkan dengan adanya tambahan kursi dan penerbangan extra ini, masyarakat yang sudah pesan tiket maupun yang akan memesan tiket Merpati  dapat kami layani dengan baik.

Herry Saptanto menjelaskan, Penerbangan extra  akan dilakukan pada hari hari tertentu atau hari yang jumlah penumpangnya melebihi kapasitas kursi yang sudah disiapkan. Selain itu, juga untuk rute penerbangan yang selama ini jumlah penumpangnya sangat banyak sehingga di prediksikan menjelang hari raya ini jumlah penumpangnya lebih banyak dari biasanya.

“Dari data yang kami miliki, sampai saat ini, penerbangan tambahan akan kami lakukan untuk rute penerbangan Ujung Pandang–Surabaya, Surabaya–Jakarta.Penerbangan Bandung–Jogja, Bandung–Semarang, serta rute penerbangan Semarang-Sampit dan sebaliknya. Namun tidak tertutup penerbangan ekstra untuk rute lainnya,” papar Herry Saptanto.

Ia menegaskan, Intinya bila penumpangnya melebihi dari perkiraan, Merpati akan segera menambah penerbangan tambahan. “Kami ingin melayani masyarakat yang akan merayakan hari kemenangan atau Lebaran maupun masyarakat yang ingin memanfaatkan libur Lebaran dengan berkumpul bersama saudara–saudara dan handai taulan serta kerabat,” ujarnya.

Pemesanan tiket pesawat  bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan mudik Lebaran bersama Merpati, katanya, selain dapat melalui CallMerpati 0804 1 621 621, website www.merpati.co.id , tapi juga lewat agen agen perjalanan yang selama ini sudah menjalin kerjasama dengan Merpati. Bahkan, bisa langsung menghubungi kantor perwakilan Merpati yang tersebar di setiap kota di seluruh Indonesia.

“Mulai 23 Juli pemesanan dan pembelian tiket Merpati untuk wilayah Jabodetabek dan  Bandung sudah bisa dilakukan melalui kantor pos atau perwakilan PT Pos Indonesia. Untuk Surabaya, Bali dan Ujung Pandang akan menyusul dalam waktu dekat.  PT Pos Indonesia dan Merpati sudah melakukan kerjasama. Selain kerjasama dalam hal penjualan tiket pesawat, juga kerjasama dalam bidang kargo dan logistik,” ujar Herry Saptanto.

Kelas Bisnis

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Merpati, mulai 1 Agustus 2013, Maskapai penerbangan Merpati membuka kelas bisnis. Hal ini dilakukan untuk memanjakan penumpang setia Merpati yang ingin lebih nyaman menikmati perjalanannya menuju beberapa kota  tujuan bersama Merpati.

Herry mengatakan, sebagaimana maskapai penerbangan besar lainnya, perbedaan antara kelas bisnis dengan kelas ekonomi, selain kursinya yang lebih lebar dan nyaman, tempat kaki yang lebih lapang, juga disediakan makanan dan minuman yang lebih baik, serta fasilitas fasilitas lainnya.

Kelas bisnis disediakan pada penerbangan Merpati yang rutenya cukup jauh serta memakan waktu lama. Seperti rute penerbangan Jakarta-Denpasar-Dili dan sebaliknya. Rute lainnya adalah Jakarta – Ujung Pandang , Ujung Pandang – Merauke dan sebaliknya.

“Penerbangan lainnya yang kami siapkan kelas bisnisnya adalah penerbangan dengan rute Merauke-Jayapura dan Penerbangan rute Manado-Sorong–Timika. Selebihnya akan menyusul tergantung dari animo atau permintaan para penumpang setia kami,” jelas Herry Saptanto

Ditambahkan Herry, selain menyediakan kelas Bisnis, untuk semakin meningkatkan pelayanan dan kepuasan penumpang terutama menjelang dan sesudah lebaran, Merpati juga akan meningkatkan pelayanan di bandara dengan peremajaan dan penambahan armada bus yang akan mengangkut penumpang Merpati dari pesawat ke terminal atau dari terminal ke badan pesawat, terutama di bandara bandara yang jumlah garbaratanya  masih terbatas.

“Penambahan kursi, penambahan ekstra pesawat, dan penambahan bus serta penyediaan kelas bisnis ini kami lakukan untuk semakin meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para penumpang setia Merpati,” kata Herry.

Sebab, kami tahu saat ini, para penumpang sudah sangat setia menggunakan Merpati sebagai maskapai penerbangan yang mengantarkan para penumpang ke berbagai tujuan. Sudah sewajarnya kami manjakan para penumpang dengan penambahan fasilitas sesuai kemampuan kami. (machda).

loading...