Angkasa Pura 2

Menhub Resmikan Beroperasinya KA Krakatau

EmplasemenRabu, 24 Juli 2013
kereta-krakatau

MERAK (beritatrans.com) — Menteri Perhubungan, EE Mangindaan meresmikan operasinal Kereta Api Krakatau jurusan terbarunya, Merak-Madiun PP, di Merak, Rabu (24/7/2013). Untuk rute ini PT KAI akan mengoperasikan dua rangkaian kereta ekonomi AC.

“Pengoperasian kereta ini merupakan bagian dari komitmen pemberian 50 kereta ekonomi AC yang diberikan direktorat jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan 3 diantaranya sudah diberikan pada 2012 yaitu KA Menoreh, KA Majapahit I dan II,” kata Mangindaan di Merak, Banten, Rabu (24/07/2013). Turut hadir dalam acara peresmian tersebut adalah Direktur Utama PT.KAI, Ignasius Jonan dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

KA Krakatau ini memiliki 6 rangkaian gerbong berkapasitas 80 penumpang dan 2 gerbong berkapasitas 64 penumpang khusus untuk para penyandang cacat. Dalam satu rangkaian juga dilengkapi 1 gerbong restorasi dan pembangkit.

Di kesempatan yang sama Dirjen Perkereta Apian Tundjung Inderawan juga meresmikan KA Krakatau di Stasiun Madiun. Jadi total hari ini kemeneterian perhubungan telah meresmikan 2 rangkaian kereta Krakatau.

Pembiayaan pengadaan 2 rangkaian kereta Krakatau ini bersumber dari dana APBN Direktorat Jendral Perkeretaapian Perhubungan sebesar Rp174 miliar dan merupakan kereta produksi PT INKA Madiun.

Kereta ini berkapasitas 8 gerbong kereta dengan 6 untuk orang biasa berkapasitas 80 penumpang dan dua sisanya untuk lansia dan penyandang cacat sebanyak 64 tempat duduk.

Menurut menhub, pengoperasian kereta ini dapat menjawab kebutuhan akan moda transportasi yang menghubungkan pengguna feri dari Lampung menuju Merak dan berwisata ke daerah Madiun dan daerah sekitarnya.

“Setelah melalui feri dari Lampung, mereka dapat berhenti di Stasiun Merak dan melanjurkan perjalanan ke wilayah lainnya, ke Yogyakarta, Solo hingga madiun, sehingga kebutuhan bertransportasi semakin mudah,” katanya. (machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari