Angkasa Pura 2

Daop II Bandung Siap Angkut 8.700 Pemudik Tiap Hari

EmplasemenMinggu, 28 Juli 2013
KA BANDUNG

BANDUNG – (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia Daop II Bandung siap memberangkatkan 8.700 penumpang setiap hari pada masa angkutan Mudik dan Balik Lebaran 2013 yang akan dimulai 1 Agustus 2013.

“Kapasitas yang disiapkan pada angkutan sebanyak 8.700 tempat duduk per hari, pelayanan dilakukan 100 persen tempat duduk, tidak ada toleransi dan hanya penumpang bertiket yang bisa masuk ke atas KA,” kata Manager Humas PTKA Daop II Bandung, Jaka Jarkasih di Bandung, Minggu (28/7/2013).

Menurut dia, ketersediaan tempat duduk itu, sudah termasuk empat KA tambahan yakni dua rangkaian KA Lodaya Pagi dan malam, KA Pasundan Lebaran dan KA Kutojaya Selatan Lebaran.

Jaka menyebutkan, tiket KA untuk “H-2″ atau (6/8) hingga “H+2″ sudah terjual 90 persen, bahkan beberapa KA sudah penuh, 100 persen.

Dia mengemukakan, terutama sekali untuk jurusan jauh Bandung – Solo, Bandung – Surabaya dan Bandung – Malang. Selain mengoperasikan rangkaian reguler, PTKA juga menambah dua hingga tiga kereta tambahan di masing-masing rangkaian.

“Pemesanan tiket sudah dilakukan sejak Mei lalu, dan terus berjalan. Pelayanan dilakukan di sejumlah ‘outlet online’ (gerain daring) yang ditunjuk, termasuk pula di stasiun,” tutur Jaka.

Sedangkan bagi calon penumpang yang belum memperoleh tiket KA lebaran, bisa menanyakan langsung ke bagian “costumer service” atau layanan konsumen yang ada di stasiun KA yang menjual tiket secara daring.

Jaka mengatakan,  penjualan tiket dilakukan 100 persen kapasitas tempat duduk, orang yang tidak bertiket tidak bisa masuk peron karena PTKA memberlakukan sistem ‘boarding pass’ yang disosokan dengan identitas pemegang tiket.

Ia mengakui, pelayanan penumpang mudik dipastikan lebih nyaman karena dengan 100 persen tempat duduk, maka tidak ada lagi penumpang yang tidak kebagian kursi di dalam KA.(machda)