Angkasa Pura 2

Pemudik Palembang Serbu Penyewaan Mobil

KoridorMinggu, 28 Juli 2013
mobil rental pemudik

PALEMBANG (beritatrans.com) — Pengusaha jasa penyewaan mobil atau “rent car” di Palembang, Sumatera Selatan, kebanjiran calon pemudik lebaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

“Pesanan penyewaan mobil untuk digunakan mudik ke berbagai daerah di wilayah Sumatera dan Jawa sudah cukup banyak. Padahal, lebaran Idul Fitri masih cukup lama sekitar 10 hari lagi,” kata sejumlah pemilik usaha penyewaan mobil di Palembang, Minggu (28/7/2013).

Sodik, salah seorang pemilik usaha penyewaan mobil, sekarang ini pelanggannya telah banyak memesan mobil yang akan disewa untuk mudik lebaran. Mobil yang dipesan sebagian besar akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran pada 3 – 7 Agutus 2013 dan sesuai perjanjian mobil akan dikembalikan paling cepat pada 12 Agustus.

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang lebaran Idul Fitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak, bahkan melebihi dari jumlah kendaraan yang dimiliki.

“Sekarang ini ada 15 unit mobil jenis minibus seperti kijang inova dan avanza yang siap disewakan, dari jumlah itu 10 unit diantaranya sudah dipesan pemudik yang akan pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarganya terutama ke pulau Jawa,” ujarnya.

Sementara pengusaha lainnya Ahyar mengatakan, tingginya permintaan penyewaan mobil saat ini dan terbatasnya unit mobil yang dimiliki perusahaan, pihaknya menerapkan daftar tunggu bagi penyewa, dan membatasi untuk kegiatan mudik atau dibawa keluar wilayah Sumsel.

“Sedikitnya 25 unit mobil sewaan jenis kijang Inova, Xenia, dan Avanza, sebagian mobil disewakan untuk mudik ke luar kota, dan sebagian lagi disiapkan hanya untuk disewakan memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak mudik,” ujarnya.

Tarif sewa mobil untuk jenis kijang Inova yang dibawa sendiri oleh penyewa dikenakan biaya sewa Rp400.000 per hari dan mobil Avanza atau Xenia disewakan Rp350.000 per hari.

Sedangkan jika penyewa membutuhkan sopir dikenakan biaya tambahan sebesar Rp100.000 per hari untuk dalam kota dan Rp150.000 per hari untuk perjalanan ke luar kota. (machda)