Angkasa Pura 2

Ditjen Hubud Minta Maskapai Segera Ajukan Ekstra Flight

KokpitSenin, 29 Juli 2013
Syamsuri in action

JAKARTA (beritatrans.com) – Masyarakat tidak perlu takut kehabisan kursi penerbangan dalam masa angkutan lebaran tahun ini. Pasalnya, Ditjen Perhubungan Udara menargetkan bisa menambah kapasitas hingga 456 ribu tempat duduk dibanding hari biasa, sehingga total akan tersedia lima juta tempat duduk.

“Penyediaaan tempat duduk terus kita upayakan, masakapai sudah kita himbau untuk segera mendaftarkan rencana penambahan penerbangan atau ekstra flight mereka. Kalau seminggu lalu baru ada tiga maskapai yang mengajukan, sekarang sudah ada delapan maskapai yang sudah mengajukan ekstra flight,” ujar Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Senin (29/7).

Diperkirakan masa puncak (peak season) angkutan lebaran dengan menggunakan moda transportasi udara akan terjadi pada H-3 atau tanggal 3 Agustus 2013 dan pada arus balik akan terjadi pada H+2 atau tanggal 11 Agustus 2013.

“Kita akan memantau 24 bandara di berbagai daerah, terutama empat bandara besar yang melayani penerbangan internasional seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan,” tambahnya.

Jumlah penumpang angkutan udara pada masa angkutan lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat 11,7 persen dibanding hari-hari biasa. Jika pada hari biasa kapasitas tempat duduk yang tersedia dari berbagai macam maskapai total mencapai 4,5 juta kursi, maka pada masa angkutan lebaran tahun ini pihaknya menargetkan penambahan hingga 456 ribu tempat duduk.

”Atau total mencapai lebih dari lima juta tempat duduk,” tukasnya.

Menurutnya, hingga saat ini realisasi penambahan ekstra flight baru mencapai 25 persen dari target itu. Total baru sebanyak 273 ribu kursi yang sudah mendapatkan restu dari Kementerian Perhubungan.

”Oleh karena itu kami meminta agar lainnya secepatnya untuk mengajukan ekstra flight,” katanya. (aliy)

loading...