Angkasa Pura 2

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak

DermagaMonday, 29 July 2013

MERAK (beritatrans.com) – Ratusan pemudik yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung, Minggu (28/7/2013) malam mulai memadati Pelabuhan Merak. Sekitar pukul 20.00 WIB mereka tiba di Pelabuhan Merak secara bersamaan.

“Meskipun terjadi kepadatan penumpang maupun kendaraan di Pelabuhan Merak, tetapi perjalanan lancar dan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni. Petugas di Pelabuhan Merak bekerja keras mengatur lalu lintas di sekitar dermaga satu sampai empat,” kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, Minggu (28/7/2013).

Menurut dia, meskinpun saat ini dermaga Pelabuhan Merak yang difungsikan hanya empat menyusul jembatan dermaga lima roboh. Dengan empat dermaga itu arus kendaraan yang hendak naik ke atas kapal lancar, meskipun sempar tersendat.

“Diperkirakan jumlah kendaraan di atas 6.000 unit terdiri atas sepeda motor, mobil pribadi dan truk. Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak ramai baik penumpang yang berangkat secara estafet maupun yang menggunakan bus langsung menuju kota-kota di Sumatera,” jelas Mario.

Ia mengatakan, PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal “roro”. Pengoperasian 28 kapal tersebut bisa melakukan pelayaran Merak-Bakauheni sekitar 90 trip.

Bahkan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 30 sampai 40 menit kemudian bisa diberangkatkan. Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku mereka setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa terlayani dengan baik dan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (machda)