Angkasa Pura 2

ASDP Ketapang Siagakan 41 Kapal Angkutan Lebaran

DermagaSelasa, 30 Juli 2013
pelabuhan ketapang banyuwangi

BANYUWANGI (beritatrans.com) — PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiagakan 41 kapal untuk melayani penumpang selama angkutan Lebaran 2013.

“41 Kapal tersebut terdiri atas 27 kapal penumpang dan 14 kapal barang, yang dioperasikan selama arus mudik dan balik Lebaran,” jelas Manajer Operasional PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang, Saharudin Kotto, Senin (29/7/2013).

Dikatakannya, dari 41 kapal itu, dua di antaranya tambahan kapal baru KMP (kapal motor penumpang), karena diprediksikan pemudik dari Pulau Bali menuju Banyuwangi didominasi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

Menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana di Pelabuhan Ketapang, baik dari kapal maupun dermaga yang akan beroperasi selama masa angkutan Lebaran.

“Saya optimistis dengan jumlah kapal yang disiagakan dan 12 dermaga yang ada, pihak ASDP Ketapang siap menghadapi pemudik yang hendak menyeberang di Selat Bali,” tuturnya.

Selain menambahkan armada kapal, lanjut dia, aktivitas bongkar muat kapal juga dipercepat untuk menghindari antrean panjang dan kemacetan di pelabuhan.

Saharudin menambahkan, lonjakan penumpang terjadi dari Pelabuhan Gilimanuk (Jembrana, Bali) menuju Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jatim) selama arus mudik karena sebagian besar warga asal Pulau Jawa bekerja di Pulau Bali.

“Biasanya pemudik yang bekerja di Pulau Bali menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung, sehingga diprediksi jumlah kendaraan roda dua itu meningkat tajam jelang Lebaran,” katanya.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik, lanjut dia, PT ASDP Ketapang bekerja sama dengan sejumlah pihak menyiapkan empat posko kesehatan dan sejumlah tenda untuk tempat istirahat di sekitar Pelabuhan Ketapang. (machda)