Angkasa Pura 2

Puncak Arus Mudik Transportasi Udara 3 Agustus

KokpitSelasa, 30 Juli 2013
menhub

JAKARTA (beritatrans.com)  — Puncak arus mudik lebaran 2013 transportasi angkutan udara dengan menggunakan pesawat terbang diperkirakan terjadi pada 3 Agustus 2013, yaitu H-5. Berbagai kesiapan dan koordinasi dengan berbagai instansi terkait serta telah membuat Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2013 mulai 1 Agustus.

“Terdapat 24 bandara yang dipantau yaitu di Jakarta, Makassar, Medan, Jogjakarta, Banjarmasin, Palembang, Padang, Manado, Pangkalpinang, Solo, Tarakan, Ternate, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Batam, Pekanbaru, Semarang, Pontianak, Lombok, Kupang, Jambi, Palu, dan Banda Aceh,” kata Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Djoko Muratmodjo dalam konfrensi pers di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Menurutnya, pada tahun 2012 terjadi kenaikan jumlah penumpang 13,59 persen untuk angkutan udara dalam negeri dan 7,29 persen untuk angkutan udara luar negeri. Sedangkan perkiraan puncak arus balik H+2 atau tanggal 11 Agustus.

Sebelumnya Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan, peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara akan melonjak saat mudik lebaran 2013.

“Seperti pada tahun-tahun lalu, penumpang angkutan udara diprediksi mengalami peningkatan persentase tertinggi dalam musim mudik Lebaran 2013,” kata Mangindaan.

Menhub memaparkan, jumlah penumpang angkutan udara pada mudik 2013 diprediksi meningkat 11,7 persen menjadi 3.756.464 penumpang.

Menurut dia, pesatnya peningkatan jumlah penumpang udara itu akan diantisipasi dengan pelaksanaan jadwal penerbangan tambahan beberapa maskapai.

Pada bandara-bandara besar dan ramai kenaikan jumlah penumpang menurut Menhub bisa mencapai 25 persen, seperti Bandara Soekarno Hatta (Jakarta) dan Bandara Juanda (Surabaya), serta di Bandara Hasanudin (Makassar). (machda)