Angkasa Pura 2

Kapal Tanker Pertamina Tenggelam di Ternate

DermagaRabu, 31 Juli 2013
tanker pertamina

TERNATE (beritatrans.com) – Kapal Motor (KM) Patriot Andalan, kapal tanker milik Pertamina tenggelam di Pelabuhan Depot Pertamina Ternate, Maluku Utara (Malut), akibat dihantam gelombang besar yang datang secara tiba-tiba, Rabu (31/7/2013).

“Kronologis tenggelamnya kapal tersebut terjadi ketika kapal sedang menyalurkan BBM dari atas kapal ke tangki penampungan pertamina. Namun secara tiba-tiba gelombang besar menghantam kapal dan mengakibatkan badan kapal terbentur ke pelabuhan, sehingga bagian belakang kapal mengalami kebocoran dan tenggelam,” jelas Manajer Distribusi Depot Pertamina Ternate, Bagus Handoko mengatakan di Ternate, Rabu (31/7/20130.

Dia menambahkan, kapal tanker tersebut memuat sekitar 7.000 ton BBM terdiri atas 5.000 ton solar dan 2.000 ton BBM jenis premium untuk kebutuhan di Kota Ternate yang didatangkan dari Papua.

Saat musibah itu, kata Bagus, BBM yang sudah disalurkan ke tangki Pertamina baru 600 ton premium dan 1.000 ton solar, sisanya belum masih dalam kapal dan sebagian telah tumpah ke laut dan menyebar hingga radius 500 meter.

Menurut dia, seluruh ABK kapal dan staf Depot Pertamina Ternate yang berada di kapal itu berhasil menyelamatkan diri dan saat ini tengah diupayakan pencegahan meluasnya rembesan BBM ke laut dengan cara menggunakan disfersan.

“Akibat tumpahnya BBM ke laut, Pertamina langsung melakukan pencegahan agar penyebaran solar tidak terlalu meluas pada titik titik tumpahan solar, untuk menetralisir kandungan minyak terbuang di laut perairan Ternate dan sekitarnya,” ujar Bagus.

Akibat dari musibah itu belum diketahui nilai kerugian, sementara kebutuhan BBM di Kota Ternate tidak akan terganggu meski terjadinya musibah tersebut, karena stok BBM di Depot Pertamina Ternate masih cukup 23 hari ke depan.

Oleh karena itu, masyarakat setempat diimbau tidak perlu mengkhawatirkan terjadinya kelangkaan BBM akibat adanya musibah tersebut, karena stok BBM yang ada cukup dan kalaupun ada kekurangan Pertamina Ternate akan segera mendatangkan tambahan stok BBM.(machda)

loading...