Angkasa Pura 2

32.000 Pemudik Kereta Api Siap Diberangkatkan dari Jakarta

EmplasemenJumat, 2 Agustus 2013
gambir

JAKARTA (beritatrans.com)  РTujuh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, jumlah pemudik yang akan diberangkatkan dari 4 Stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta sekitar 32.000 penumpang. Untuk jumlah penumpang yang paling banyak berada di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

“Sekitar 32 ribu rata-rata penumpang dari H-7 hingga H+7, sehingga tidak ada istilah puncak arus mudik untuk angkutan kereta api,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1, Sukendar Mulya kepada wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2013).

Dia menegaskan pihaknya telah menerapkan “boarding pass” ketat terhadap para penumpang, sehingga setiap tiket untuk satu penumpang dan sesuai dengan kapasitas tempat duduk kereta api.

“Tahun ini tidak ada toleransi, tiket harus sesuai dengan identitas penumpang, jika tidak dilarang masuk stasiun,” imbuhnya.

Sukendar menambahkan bahwa dari 4 Stasiun di Daop 1 seperti Stasiun Gambir, Senen, Beos, dan Tanjung Priok paling banyak penumpang ada di stasiun Senen yaitu 14.000. Sedangkan, jumlah pemudik yang lain dibawah Stasiun Senen. “Paling banyak itu di Stasiun Senen saat angkutan mudik Lebaran,” tuntasnya.

 

Posko Lebaran Gambir

Tujuh hari menjelang hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah, telah terjadi peningkatan penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2013).  Karena itu, Stasiun Gambir sudah membangun posko-posko dalam rangka angkutan mudik lebaran tahun 2013 ini.

“Disini sudah ada posko kesehatan, posko pelayanan, posko keamanan gabungan dengan pos keamanan kepolisian, terus ada posko data dan operasi karena ini lebih dari hari-hari biasanya,” kata Kepala Stasiun Gambir, Edy Kuswoyo kepada wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Edy menjelaskan bahwa di Stasiun Gambir juga mempunyai fasilitas untuk ibu menyusui. Hal ini dilakukan agar balita tetap bisa menyusui selagi menunggu keberangkatan KA angkutan lebaran.

“Ruang untuk ibu menyusui memang sudah ada, tapi kita tetap ada pelayanan tambahan. Biar tidak berebut, jadi juga ada posko informasi,” kata Edy.

Edy menambahkan bahwa dalam angkutan KA mudik lebaran tahun 2013 itu tidak ada lonjakan penumpang. Pasalnya, tiket KA sudah habis terjual karena sudah dibuka sejak H-90.

Menurutnya, KA angkutan lebaran tahun 2013, sama saja seperti pelayanan pada hari libur. KA angkutan lebaran, PT KAI menyiapkan 26 KA reguler dan 8 KA tambahan.(machda)