Angkasa Pura 2

Ribuan Pemudik Jakarta Serbu Surabaya

EmplasemenJumat, 2 Agustus 2013
turi

SURABAYA (beritatrans.com) –  Sedikitnya 13.805 pemudik yang menumpang kereta api dari Jakarta dan Bandung menyerbu Surabaya dan sejumlah kota di sekitarnya pada hari pertama di bulan Agustus 2013.

“Ribuan penumpang kereta yang datang dari Jakarta dan Bandung menuju sejumlah kota di Jawa Timur dan sebagian turun Jawa Tengah,” ujar Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8, Zakaria, kepada wartawan di Surabaya, Kamis (1/8/2013).

Selain itu, sebagian penumpang itu turun di Yogjakarta, Solo, Madiun dan terakhir Surabaya. Untuk yang lintas utara, ada yang turun di Semarang, Bojonegoro dan Surabaya.

Menurut dia, jumlah kepastian penumpang yang turun di Surabaya belum kami ketahui karena data dari Jakarta berdasarkan penjualan tiket dan selalu diberikan di setiap stasiun atau Daop.

Pantauan di Stasiun Gubeng, ratusan penumpang turun dari kereta Jakarta-Surabaya menggunakan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan pada pukul 03.00 WIB, dan KA Bima pukul 05.00 WIB. Selain itu, dari Bandung-Surabaya Kereta Api Pasundan pukul 23.00 WIB, KA Mutiara Selatan pukul 06.00 WIB, dan KA Turangga tiba pukul 09.00 WIB.

Sedangkan khusus angkutan Lebaran 2013, tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. PT KAI Daop 8 melibatkan sejumlah unsur pengamanan, seperti Polsuska dan jajaran kepolisian untuk pengamanan Lebaran.

Zakaria mengatakan, PT KAI Daop 8 melakukan tes urine dan kesehatan terhadap 353 masinis dan kru kereta api. Kemudian, khusus untuk tes kesehatan dilakukan secara berkala. Tes kesehatan ini untuk melihat kondisi kesehatan awak KA, baik masinis maupun kru.

Dia menegaskan tidak akan mengizinkan masinis atau kru KA yang terbukti mengonsumsi narkoba untuk mengantar penumpang. “Tes kesehatan ini juga untuk mengetahui kesiapan kru KA selama angkutan Lebaran. Bila kondisi kesehatan tidak memungkinkan, disarankan istirahat,” katanya. (machda)