Angkasa Pura 2

2.695 Pemudik Motor Akan Diangkut KM Dobonsolo dan KRI

DermagaSabtu, 3 Agustus 2013
mudik_kapal_motor

JAKARTA (beritatrans.com) — Ribuan pemudik dengan sepeda motor akan diangkut oleh KM Dobonsolo dan rencana pelepasannya akan dilakukan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan di dermaga Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (3/8).

“Sampai dengan Jumat (2/8) sore, para pemudik yang sudah mendaftar sebanyak 1.338 unit sepeda motor dan 2.695 orang penumpang,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S Ervan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Dia menambahkan, penyelanggaraan mudik gratis menggunakan angkutan laut sebagai upaya Kemenhub dalam membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan lebih aman dan nyaman.

“Melalui mudik gratis tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kepadatan arus mudik pengendara sepeda motor khususnya di jalur pantura” jelas Bambang.

Dua kapal yang disiapkan untuk mengangkut pemudik tersebut adalah KM Dobonsolo milik PT Pelni dan KRI Banda Aceh milik TNI AL.

KM Dobonsolo memiliki kapasitas angkut sebanyak 1.700 motor dan 3.400 orang penumpang. Sedangkan KRI Banda Aceh memiliki kapasitas angkut sebanyak 1.000 motor dan 2.000 penumpang.

Kedua kapal tersebut rencananya masing-masing akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sebanyak dua kali pemberangkatan mudik dan satu kali kepulangan (arus balik).

Acara mudik bersama dengan kapal itu merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan.

Pada penyelenggaraan pertama tahun 2011, kegiatan tersebut hanya memberangkatkan sebanyak 300 unit sepeda motor dan 700 orang.

Kemudian pada tahun 2012 terjadi peningkatan dengan mengangkut 1.307 unit sepeda motor dengan jumlah penumpang 2.448 orang. (machda)