Angkasa Pura 2

1.200 Polisi Dari Polda Banten Amankan Pelabuhan Merak

DermagaMinggu, 4 Agustus 2013
amankan ferry

MERAK  (beritatrans.com) – Kepolisian Daerah Provinsi Banten, mengerahkan 1.200 polisi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Merak, Banten selama masa lebaran 2013.

“Kita bekerja keras untuk mengamankan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak. Selama ini, penyeberangan Merak menuju Bakauheni, Lampung berjalan lancar, meski terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan,” tegas Kapolda Banten, Brigjen Pol Eddi Sumantri, di Merak, Sabtu (3/8/2013).

Eddi memperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada H-5 atau H-4. Karenanya, aparat kepolisian akan mengantisipasi pergerakan penumpang pejalan kaki dan antrean kendaraan yang cukup tinggi saat puncak mudik tersebut.

“Kami siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak mudik ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Selain itu, untuk mengantisipasi kejahatan dengan menyebar petugas di daerah-daerah rawan kriminalitas,” katanya.

Menurutnya, saat ini penyeberangan Pelabuhan Merak relatif aman dan lancar. Meski begitu, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke Pulau Sumatera sebaiknya berangkat pagi atau siang hari untuk mengatasi kemacetan.

“Selama ini, kebanyakan pemudik memilih berangkat pada malam hari sehingga terjadi penumpukan penumpang dan antrean kendaraan. Kami berharap pemudik bisa berpergian siang hari sehingga arus mudik tidak padat,” ujarnya.

Petugas kepolisian juga mengatur lalu lintas di areal parkir Pelabuhan Merak. Semua kendaraan berjalan lancar meski terjadi antrean panjang.

Sementara itu, sejumlah pemudik mengaku bahwa mereka lega setelah menunggu dua jam bisa diberangkatkan ke atas kapal untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data penumpang Pelabuhan Merak, pada H-5 tercatat 46.309 penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan, sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 8.581 unit. (machda)

loading...