Angkasa Pura 2

Jadwal KA Medan-Kualanamu Masih 20 Kali

EmplasemenSenin, 5 Agustus 2013
KA MEDAN

MEDAN  (beritatrans.com) — PT Railink hingga saat ini masih mempetimbangkan menambah frekuensi perjalanan kereta api Medan-Kualanamu, mengingat dari 20 kali per hari pulang-pergi tingkat isian penumpang baru mencapai 60 persen.

“Kami masih dipertahankan 10 kali pergi dan 10 kali pulang dari rencana awal masing-masing 13 kali, karena pesanan tiket baru 60 persen dari kursi yang tersedia 6.160 kursi setiap harinya,” kata General Manager PT Railink, Bodhawasara Setiawan Jusri di Medan, Senin (5/8/2013).

Bodhawasara  mengemukakan hal itu di sela kunjungan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho melihat kesiapan kereta api dan arus mudik menggunakan kereta api di Stasiun Kereta Api Medan.

Menurut Bodhas, setiap hari Railink masih melayani rata-rata 2.000-2.300 penumpang setiap harinya. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor mulai dari persaingan bisnis antar jasa angkutan ke Kualanamu, hingga belum tahunya semua masyarakat bahwa ada jasa layanan kereta api hingga ke Kualanamu.

“Persaingan bisnis itu sendiri disebutkan mengacu pada adanya laporan penumpang bahwa sering mendapat informasi yang salah atau tidak benar tentang layanan kereta api ke Kualanamu saat berada di sekitar stasiun,” ujarnya.

Bodhawasara menambahkan, selama ini tiket kereta api sering disebutkan sudah habis terjual sehingga akhirnya penumpang membatalkan ke Stasiun Railink. Meski begitu, hal itu karena masyarakat belum tahu ada kereta api ke Bandara Kualanmau. Apalagi bandara yang terintergrasi dengan jalur kereta baru ada di Kualanamu.

“Kami akn terus meningkatkan sosialisai dan yakin tingkat isian kereta akan terus meningkat. Railink sendiri diakui siap melayani penumpang dimana dewasa ini sudah melayani keberangkatan dengan waktu lebih awal yaitu pukul 04.00 WIB dari Medan dan terakhir untuk layanan dari Kualanamu yaitu pukul 00.15 WIB,” paparnya.

Namun Bodhas mengaku yang paling padat penumpang kereta api adalah pukul 08.20 WIB hingga pukul 15.15 WIB.  “Mungkin perjalanan di waktu itu yang perlu ditambah layanannya,” katanya.

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho meminta layanan kereta api ke Bandara Kualanamu terus ditingkatkan karena kereta api menjadi salah satu angkutan yang diharapkan masyarakat sebagai akses cepat ke Kualanamu.

Tiket KA Habis Terjual

Tiket kereta api rute Medan-Siantar dan Medan-Tanjung Balai sudah habis terjual hingga 7 Agustus meski manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebelumnya sudah menambah kursi.

“Tiket Medan-Siantar dan Medan-Tanjung Balai sudah habis, yang tersisa sedikit hanya di rute Medan-Rantau Prapa. Sementara tiket arus balik ke Medan juga sudah penuh untuk 11-15 Agustus,” kata Humas PT KAI Divre Sumut-Aceh, Rapino di Medan, Senin.

Ia mengatakan hal itu di sela inspeksi mendadak Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho ke Stasiun Kereta Api Medan untuk melihat kesiapan PT KAI menangani arus mudik dan arus mudik masyarakat pada H-3.

Menurut dia, pesanaan tiket kereta api itu sebagian sudah sejak lama dipesan calon penumpang dan sebagian dibeli saat mendekati hari cuti bersama.

“Prediksi adanya kenaikan penumpang ternyata benar, tapi tidak bermasalah karena sebelumnya manajemen sudah mengantisipasi dengan menambah kursi,” katanya. (machda)

 

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari