Angkasa Pura 2

Optimalkan Layanan, KAI Semarang Tambah KA Lokal

EmplasemenSenin, 5 Agustus 2013
KA JATENG

SEMARANG  (beritatrans.com) — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mengoptimalkan rangkaian kereta api (KA) lokal untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik Lebaran 2013.

“Saat ini lonjakan penumpang cukup tinggi selama arus mudik ini justru terjadi untuk KA-KA lokal,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang, Sapto Hartoyo di Semarang, Senin (5/8/2013).

Karena itu, tambahnya, dua KA lokal yang dimiliki Daops IV Semarang yakni KA Kaligung Mas yang melayani jurusan Semarang-Pekalongan-Tegal dan KA Cepu Express jurusan Semarang-Cepu-Bojonegoro.

Menurut dia,  jumlah penumpang KA lokal bisa 50 persen dibandingkan dengan KA jarak jauh yang dimungkinkan akan terus meningkat menjelang lebaran dan saat puncak arus balik.

“Untuk itu, transformasi rangkaian KA lokal akan kami tambah. Kalau biasanya mengangkut delapan gerbong, nanti akan ditambah satu gerbong hingga menjadi sembilan gerbong,” katanya.

Sapto memperkirakan, peningkatan penumpang arus balik akan terjadi H+2 Lebaran, dengan jumlah total penumpang yang mencapai 14 ribu orang, khususnya untuk KA-KA lokal.

Kalau untuk prediksi puncak  arus mudik, Sapto mengakui sebenarnya prediksinya pada H-4, yakni (4/8/2013) lalu, tetapi ternyata jumlah penumpang masih stagnan dibandingkan hari sebelumnya.

“Data kedatangan penumpang di Semarang, yakni pada tanggal 1 Agustus 2013 sebanyak 8.713 orang, kemudian pada 2 Agustus 2013 meningkat menjadi 9.790 orang,” kata dia

Pada 3 Agustus 2013 lalu, kata dia, penumpang yang datang mencapai 10.455 orang, sementara pada 4 Agustus 2013 jumlah penumpang justru turun menjadi 10.161 orang.

“Kalau untuk KA, lonjakan penumpang memang cenderung stagnan karena kapasitas diatur sesuai tempat duduk. Berbeda dengan dulu sehingga ya jumlahnya sesuai kapasitas kursi,” kata Sapto. (machda)