Angkasa Pura 2

Jalur Puncak Mulai Ramai Dilintasi Pemudik Motor

KoridorSelasa, 6 Agustus 2013
mudik puncak

BOGOR (beritatrans.com) – Hingga pukul 12.00 WIB, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Jawa Barat mencatat sedikitnya 41.040 sepeda motor melintas di jalur Puncak dan Ciawi selama Operasi Ketupat Lodaya 2013 dilaksanakan.

Di sisi lain, kondisi jalur Puncak pada H-2 lebaran ini masih relatif normal, hanya kendaraan sepeda motor yang jumlahnya cukup banyak. Dari H-7 hingga H-5 kami mencatat sebanyak 41.040 melintas di jalur ini.

“Rata-rata kendaraan sepeda motor melintas di jalur Puncak dan Ciawi mencapai 100 kendaraan per jam. Berdasarkan catatan Satlantas Polres Bogor, pada H-7 jumlah sepeda motor yang melintas sebanyak 7.040 kendaraan, disusul pada H-6 sebanyak 11.30 WIB,” kata KBO Satlantas Polres Bogor AKP Surhatman, di Pos Polisi Gadog, Selasa (6/8/2013).

Menurutnya, terjadi peningkatan jumlah kendaraan roda dua yang melintas di Puncak dan Ciawi pada H-5 lebaran sebanyak 22.700 kendaraan. Jumlah ini terus meningkat pada mulai H-4 hingga H-3 yang datanya saat ini masih kita kumpulkan.

Sementara itu, untuk kendaraan roda empat yang keluar dari gerbang tol Ciawi dan melintas di jalur Puncak dan Ciawi yang keluar sebanyak 133.191 unit, sedangkan kendaraan dari arah Puncak-Ciawi yang masuk tol sebanyak 122.405 unit.

AKP Surhatman menyebutkan, jumlah kendaraan yang melintas di jalur Puncak dan Ciawi belum mencapai puncaknya. Arus lalu lintas didua kawasan tersebut masih lancar dan relatif normal.

Dia menambahkan, puncak arus di wilayah Puncak dan Ciawi diprediksikan akan terjadi pada H+2 atau dua hari setelah lebaran. Karena jalur Puncak ini ramainya untuk wisata, kemungkinan ramai pada H+1 dan H+2 lebaran, karena masyarakat sudah mulai mengisi libur dengan berwisata.

“Puncak kepadatan arus di jalur Puncak dan Ciawi akan terjadi pada arus balik yakni di H+6 hingga H+7 dimana arus balik kunjungan wisata akan bertemu dengan arus balik mudik lebaran,” paparnya.(machda)