Angkasa Pura 2

Setelah Runway Ditutup Beberapa Jam, Sriwijaya Air Terbang Perdana

KokpitRabu, 7 Agustus 2013
Sriwijaya-Air

GORONTALO (beritatrans.com) – Setelah menuggu beberapa jam menyusul ditutupnya Bandara Djalaludin Gorontalo, akhirnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 591 bisa berangkat dari Bandara Jalaluddin.

“Pesawat itu seharusnya berangkat pukul 06.40 Wita, namun baru bisa diberangkatkan pukul 20.25 Wita,” tegas Kepala Bandara Jalaluddin Gorontalo, Agus Pramuka mengatakan pesawat di Gorontalo, Rabu (7/8/2013) malam.

Menurut dia, pesawat Sriwijaya itu membawa 107 penumpang dengan tujuan Makassar, namun bobotnya dikurangi sesuai landasan yang disediakan.

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan Penerbangan Bandara Djalaluddin, Isnan L mengatakan, pihaknya baru membuka landasan sepanjang 1.700 meter untuk aktivitas penerbangan.

“Landasan pacu yang aman adalah sepanjang itu, kami sudah memperhitungkan semuanya,” ujarnya.

Sementara jenis pesawat yang lebih besar belum diizinkan untuk melakukan penerbangan. Selain Sriwijaya Air, aktivitas maskapai penerbangan lainnya di bandara tersebut adalah Wings Air dengan tujuan Manado.

“Wings Air menjemput tim KNKT dan sejumlah peralatan evakuasi pesawat di Manado lalu ke Gorontalo dan kemudian balik lagi ke Manado, untuk mengangkut peralatan lainnya,” jelasnya.

Meski demikian hingga berita ini diturunkan, Tim Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih melakukan penyelidikan di lokasi tergelincirnya pesawat Lion Air pada Selasa malam (6/8). Petugas sementara mempersiapkan proses evakuasi pesawat dari landasan tersebut. (machda)

loading...