Angkasa Pura 2

Hari Pertama Lebaran, Pelabuhan Merak Sepi

DermagaKamis, 8 Agustus 2013
merak-sepi1

MERAK (beritatrans.com) – Hari pertama idul fitri Pelabuhan Merak tampak lengang dan tidak terlihat antrean kendaraan maupun penumpang pejalan kaki setelah sebelumnya dipadati pemudik bertujuan Pulau Sumatera.

“Kendati jumlah penyeberang tidak banyak, tapi kami tetap melayani penyeberangan meski hanya beberapa kendaraan saja yang berada di dermaga untuk diseberangkan ke Bakauheni, Lampung,” kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Kamis (8/8/2013).

Penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan sepi sejak dinihari sehingga perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal.

Menurut Mario, sejak pagi hingga siang ini arus mudik yang datang ke Pelabuhan Merak dapat dihitung dengan jari. Kemungkinan akan terjadi peningkatan pemudik pada arus balik H+5 dan H+6 mendatang.

“Kami sekarang mulai berkosentrasi persiapan arus balik Lebaran, dan sejumlah persiapan lainnya. PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoperasikan 28 kapal “roll on roll off” (roro),” ujarnya.

Pengoperasian 28 kapal tersebut untuk mencapai target perjalanan Merak-Bakauheni di atas 90 trip. Perjalanan di atas 90 trip tentu tidak terjadi antrean maupun penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak. “Kami tetap siaga menghadapi lonjakan arus balik nanti,” katanya.

Ia menjelaskan, kapal-kapal yang dioperasikan itu sangat laik untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni sehingga dapat memberikan jaminan keselamatan penumpang. (machda)

loading...