Angkasa Pura 2

Puncak Arus Balik di Terminal Kalideres 17 Agustus

KoridorSenin, 12 Agustus 2013
Seorang pemudik asal Wonosobo tiba di terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/8)

JAKARTA  (beritatrans.com) — Gelombang arus balik dari sejumlah daerah ke Jakarta sejak H+2 sudah mulai membanjiri ibukota Jakarta. Meski begitu, dari pantauan hari pertama masuk kerja PNS dan sejumlah instansi, Senin (12/8/2013) sejumlah ruas jalan protokol masih tampak ramai lancar.

“Memang sekarang belum macet, tapi nanti saat anak-anak sekolah sudah masuk pada 19 Agustus mendatang, dipastikan Jakarta akan macet lagi. Apalagi sekarang ini masih banyak warga Jakarta yang mudik. Ya pada 17 Agutus nanti, arus balik membludak,” tegas Kepala Terminal Kalideres, Hengki Sitorus, Senin (12/8/2013).

Menurut dia, hingga saat ini pemudik yang balik ke Jakarta tahun ini melalui Terminal Kalideres masih sepi. Selama arus balik hingga sore ini, terpantau pemudik yang kembali ke Jakarta hanya sekitar 4.105 pemudik.

Jumlah ini menurun apabila dibandingkan dengan jumlah pemudik tahun lalu. Ia mengatakan sebesar 8,47 persen tingkat penurunan jumlah pemudik.

Padahal, jelas Hengki, tahun 2012 kemarin, pemudiknya berjumlah 67.595 penumpang. Sedangkan tahun ini berjumlah 61. 867 penumpang. Kalau arus baliknya, tahun kemarin itu berjumlah 70.331 penumpang sampai H+7.

Sementara untuk pemudik yang balik melalui Terminal Kalideres, ia belum dapat menghitungnya. Karena hasil penghitungan biasanya setelah memasuki H 7 hari raya Idul Fitri. Sedangkan hari ini baru H 3.

Menurut dia, biasanya jumlah pemudik yang datang ke Jakarta jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan pemudik yang meninggalkan Jakarta. Pasalnya, tak sedikit dari para pemudik itu yang membawa saudara atau teman untuk diajak mengadu nasib di Ibu Kota.

“Tahun ini sepi juga karena banyak yang memilih turun di lokasi dekat rumah mereka daripada di terminal. Kalau rumahnya di Tangerang, ya turunnya di gerbang tol Kebon Nanas, daripada harus ke Kalideres jauh-jauh,” ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan suasana arus balik di Terminal Kalideres terpantau sepi. Padahal terminal itu merupakan salah satu dari empat terminal utama untuk menjalankan arus mudik dan arus balik. (machda)