Angkasa Pura 2

Tiket Kereta Api Terjual Hingga Selasa

EmplasemenSenin, 12 Agustus 2013
KA MEDAN

MEDAN (beritatrans.com) — Pesanan tiket kereta api dari dan ke Medan masih cukup tinggi bahkan sudah habis terjual hingga Selasa (13/8/2013) meski pada hari Minggu lalu jumlah penumpang sudah mencapai angka tertinggi sebanyak 12.044 orang.

“Yah benar, arus balik Idul Fitri menggunakan angkutan kereta api masih padat hingga Selasa, tiket sudah habis terjual untuk semua rute hingga Selasa (13/8/2013),” kata Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumut, Rapino di Medan, seperti dikutip Antara, Senin (12/8/2013).

Meski tiket sudah habis terjual hingga Selasa, namun diperkirakan jumlah penumpang tidak sebanyak hari Jumat hingga Minggu lalu yang masing-masing mencapai 10.913 orang, 11.554 orang dan 12.044 orang.

Jumlah penumpang kereta api yang mengalami peningkatan itu terjadi untuk di semua rute yakni Medan-Siantar, Medan-Tanjung Balai, dan Medan-Rantau Prapat.

“Peningkatan penumpang kereta api sudah terjadi sejak arus mudik, dimana tiket sudah habis terjual hingga 7 Agustus meski manajemen KAI sebelumnya sudah menambah kursi,” katanya.

Melihat masih banyaknya jumlah penumpang hingga H+4, diperkirakan jumlah penumpang hingga akhir pekan masih di atas angka normal.

“Manajemen memang memperkirakan kenaikan penumpang kereta api tahun ini mencapai empat persen dari normal 6.100 tiket per hari,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Anthony Siahaan, memprediksi penumpang Lebaran tahun ini mencapai 1.355.553 orang atau naik dari 2012 yang masih 988.373 orang.

Kenaikan penumpang terjadi pada semua jenis angkutan mulai jalan, kereta api, laut dan udara.

“Data lengkap belum ada karena pantauan berlangsung mulai hingga H+7.Namun untuk sementara hingga H+4 memang menunjukkan kenaikan dibandingkan periode sama tahun lalu,” katanya. (machda)