Angkasa Pura 2

H+3 Puncak Arus Balik Pelabuhan Bakauheni

DermagaSelasa, 13 Agustus 2013
Pelabuhan-Bakauheni

BAKAUHEUNI (beritatrans.com) – Puncak arus balik angkutan Lebaran 2013/1434 H di Pelabuhan Bakauheuni terjadi pada H+3 atau Minggu (11/08/2013). Demikian menurut keterangan tertulis PT ASDP Indonesia Ferry yang diterima beritatrans.com di Jakarta, Selasa (13/08/2013).

“Sebanyak hampir 50% pemudik telah kembali,” ujar Christine Hutabarat, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry.

Penumpang arus balik pada H+3 mencapai 108.665 orang, 13.835 unit motor dan 9.876 unit kendaraan roda empat campuran. Sedangkan jumlah kapal yang beroperasi mencapai 28 kapal dengan 102 trip.

Christine berharap, para pemudik yang belum kembali dan akan melakukan kepulangan dapat terurai merata pada hari ini hingga akhir pekan mendatang.

“Kami kira pengguna jasa sudah semakin bijak untuk menentukan hari-hari kepulangan mengingat rentang waktu libur hingga jadwal masuk sekolah cukup panjang. Mereka bisa memilih hari dan waktu yang dirasa paling tepat dan nyaman untuk menyeberang,” katanya.

Sementara itu, pada H+4 atau Senin (12/08/2013), Menteri Perhubungan EE Mangindaan melakukan pemantauan langsung arus balik di beberapoa titik pelabuhan penyeberangan Bakauheuni. Menhub tiba sekitar pukul 8.30 Wib menggunakan helikopter dan langsung melakukan inspeksi di beberapa titik pelabuhan seperti di toll gate kendaraan dan loket penumpang.

Menteri Perhubungan bahkan melakukan tanya jawab langsung dengan penumpang yang menunggu kedatangan kapal.

“Pemudik merasa senang akan pelayanan yang ada di pelabuhan Bakauheni yang menurut mereka penyeberangan kali ini lancar dan pelabuhan juga bersih,” komentar EE Mangindaan. (aliy)