Angkasa Pura 2

KAI Daop II Klaim Tiap Hari 9.300 Pemudik Tiba di Bandung

EmplasemenSelasa, 13 Agustus 2013
pemudik-di-stasiun-kiara-condong-bandung

BANDUNG (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia Daop II Bandung mengklaim jumlah penumpang arus balik yang tiba di Stasiun Bandung dan Kiaracondong Kota Bandung rata-rata mencapai 9.300 orang per hari.

“Rata-rata penumpang arus balik KA yang tiba di Bandung 9.300 orang per hari, mereka turun di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong,” kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Jaka Djarkasih di Bandung, Selasa (13/8/2013).

Menurut dia, pemudik yang telah tiba di Bandung yakni di Stasiun Bandung rata-rata 6.500 penumpang per hari yang diangkut dengan menggunakan KA komersial jarak jauh. Sedangkan penumpang KA ekspres yang turun di Stasiun Kiaracondong Kota Bandung sebanyak 3.800 per hari dari sejumlah jurusan dari Jateng, Yogyakarta dan Jatim.

“Jumlah penumpang itu sudah termasuk penumpang arus balik yang diangkut lima rangkaian KA lebaran. Puncak arus balik terjadi pada Sabtu (10/8/2013) dimana jumlah penumpang lebih dari 10 ribu penumpang,” jelasanya.

Meski begitu, kata Jaka, penumpang arus balik cenderung menurun, namun diperkirakan kepadaran arus balik masih akan terjadi hingga 18 Agustus 2013 mendatang.

Dia menyebutkan, para pemudik yang kembali ke Bandung itu diangkut dengan KA komersial jarak jauh yakni KA Argo Wilis, Turanga, Mutiara Seltan (Surabaya-Bandung), Lodaya Pagi dan Malam (Solo – Bandung), KA Malabar Malang – Bandung dan KA Harina Surabaya – Semarang – Bandung.

Sedangkan KA ekspres yang mengangkut penumpang hingga Stasiun Bandung adalah KA Kahuripan Madiun – Bandung, KA Pasundan Surabaya – Bandung dan KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo – Bandung). Begitu juga KA Lebaran adalah KA Lodaya Pagi dan Malam Lebaran, KA Pasundan dan KA Kutojaya Lebaran.

“Peningkatan arus balik juga terjadi untuk KA Argo Parahyangan Bandung – Gambir/Jakarta yang mengoperasikan enam perjalanan KA juga cukup signifikan dengan okupansi rata-rata di atas 80 persen,” paparnya.

Sementara itu, untuk angkutan komuter Bandung Raya yang digunakan oleh penumpang lokal di kawasan Bandung rata-rata mengangkut 40.700 penumpang per hari. (machda)