Angkasa Pura 2

Menhub Sidak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

DermagaSelasa, 13 Agustus 2013
MENHUB SIDAK-BAKAUHENI

BAKAUHENI (beritatrans.com) — Menteri Perhubungan EE Mangindaan melakukan sidak (inspeksi mendadak) di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (13/8/2013) guna melihat arus balik pemudik asal dari Sumatera ke Pulau Jawa. Menhub sidak ke sejumlah dermana di pelabuhan penghubung Pulau Sumatera dan Pulau Jawa tersebut.

“Hingga saat ini pelayanan Pelabuhan Bakauheni sudah membaik tahun ini dan situasinya pun lebih aman dari tahun sebelumnya. Situasi pelabuhan tahun ini aman, penumpangnya pun lebih tertib,” kata menhub.

Menurut dia, peningkatan penumpang arus mudik terjadi pada H-5, H-4 dan H-3. Arus mudik relatif lancar pada ketiga hari itu, yang merupakan puncak arus mudik. Penumpang yang datang saat mudik pun tidak sekaligus, sehingga tidak menimbulkan penumpukan.

Pada bagian lain, Menhub Mangindaan juga menegaskan, arus balik pemudik dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak, ia menyebutkan kepulangan pemudik ke Jawa masih berlangsung lancar.

“Hanya pada Minggu (11/8/2013) dan kemarin terjadi lonjakan jumlah penumpang yang luar biasa. Karena, untuk Senin PNS mulai banyak yang masuk, sedangkan Selasa pegawai swasta yang masuk kerja,” katanya.

Menhub menyebutkan arus mudik dan arus balik pemudik berlangsung lancar berkat kerja sama antara PT ASDP Cabang Bakauheni dengan semua pihak terkait lainnya, seperti kepolisian dan pemerintah daerah.

“Saya berharap dalam angkutan lebaran tahun depan, pelayanan Pelabuhan Bakauheni lebih baik lagi dengan memgoptimalkan penggunaan semua dermaga pelabuhan,” tandasnya. (aw/machda)